Bawaslu Ciamis Temukan Petugas Pantarlih Lakukan Coklit Tanpa Door to Door

Andri M Dani
Bawaslu Ciamis temukan petugas Pantarlih lakukan Coklit tanpa door to door. Foto: Dok Bawaslu Ciamis

Parahnya lagi, menurut Wulan selain proses coklitnya dilakukan di tempat hajatan atau tempat orang nongkrong, petugas pantarlih membagikan stiker (hasil coklit) ke calon pemilih. Petugas tidak menempelkan langsung stiker tersebut di rumah pemilih. “Tapi dibagikan,” imbuh Wulan.

Namun potensi pelanggaran tersebut katanya tidak menjadi temuan yang dilaporkan. Tetapi Panwascam dan Bawaslu Ciamis merekomendasikan dilakukan coklit ulang dengan mendatangi langsung rumah calon pemilih (door to door).

“Untuk kasus di Baregbeg dan Rancah tersebut sudah dilakukan coklit ulang. Sudah dilakukan penyandingan data pemilih yang di DP4 dengan KTP dan KK pemilih. Dan sudah dilakukan sinkronisasi data pemilih baik yang di DP4, maupun KK dan KTP pemilih,” katanya.

Selain itu hal lain yang ditemukan pengawas di lapangan selama masa coklit tersebut menurut Wulan, seperti pemasangan stiker usai coklit tanpa ada data pemilih, ada juga stikernya yang terpasang terbalik.

“Petugas kami di lapangan tidak menemukan proses coklit yang menggunakan tenaga orang lain (joki).  bukan oleh petugas Pantarlih,” ujar Wulan.

Sebanyak 265 petugas PKD yang dikerahkan selama masa coklit, setiap orangnya tiap hari harus melakukan pengecekan coklit 10 KK per hari sebagai sampel. 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network