Disnakan Ciamis Temukan 9 Ekor Sapi Kurban Terjangkit Penyakit Hati

Andri M Dani
Disnakan Ciamis temukan 9 ekor sapi kurban terjangkit penyakit hati. Foto: Dok Disnakan Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Tim Kesmavet Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ciamis yang melakukan pemeriksaan postmortem hewan kurban hasil penyembelihan pada hari H Idul Adha, Senin (17/6/2024) menemukan 9 ekor sapi yang terjangkit penyakit cacing hati (Fasciola hepatica). Berikut dua ekor domba.

“Itu hasil pemeriksaan post mortem hari kemarin pada hari H Idul Adha (Senin, 17/6/2024),” ujar Ketua Tim Kerja Substansi (KKS) Kesmavet Disnakan Ciamis, Budiono SPt kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (18/6/2024).

Pada hari H Idul Adha, Senin (17/6/2024) ada 139 ekor sapi, 44 ekor domba, dan 36 ekor kambing yang berhasil diperiksa kesehatan post mortemnya setelah disembelih. Pemeriksaan dilakukan oleh 5 tim Kesmavet yang disebar di 5 wilayah UPTD Disnakan Ciamis.

Hewan kurban yang diperiksa kesehatan post mortemnya (pasca disembelih) pada hari H Idul Adha, Senin (17/6/2024) tersebut terbanyak di daerah Ciamis Kota.

Menurut Budiono, dari 139 sapi kurban yang sudah disembelih, sembilan ekor diantaranya positif mengidap penyakit cacing hati.

Sebanyak 22 kg hati dari 9 ekor sapi yang positif mengidap parasit cacing hati tersebut diamankan untuk diafkir (dimusnahkan). Hati sapi yang tercemar cacing hati tersebut jangan sampai dibagikan dan dicampur dengan daging kurban lainnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network