Pila dan Piya, Ikan Khas Sungai Citanduy yang Jadi Maskot Pilkada Kota Banjar 2024

Budiana Martin
Pila dan Piya, ikan khas Sungai Citanduy yang jadi Maskot Pilkada Kota Banjar 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjar 2024 telah dimulai.

KPU Kota Banjar pun telah meluncurkan maskot untuk Pilkada 2024 yang diberi nama 'Pila dan Piya'.

Menurut pencipta desain maskot Pila dan Piya, Binar Ramadhan, nama Pila diambil dari singkatan pemilihan langsung. Sedangkan Piya adalah pilihan rakyat.

"Jadi Pila dan Piya ini artinya pemilihan langsung oleh rakyat yang diharapkan bisa mewujudkan harapan masyarakat agar Banjar lebih baik lagi," katanya saat ditemui di acara peluncuran walikota dan wakil walikota Banjar tahun 2024, Minggu (2/6) malam WIB.

Selain itu, maskot Pila dan Piya merupakan gambaran dari ikan Bebeong khas Sungai Citanduy yang katanya hanya ditemukan di Kota Banjar saja.

"Pila dan Piya itu kan Ikan Bebeong khas Sungai Citanduy yang hanya ditemukan di Kota Banjar, saya terinspirasi karena ikan ini katanya dijadikan khas Kota Banjar," ujarnya.

Diketahui Ikan Bebeong adalah spesies ikan air tawar yang hidup di Sungai Citanduy. Ikan ini merupakan sumber ekonomi masyarakat Kota Banjar, dan sering diolah menjadi makanan tradisional seperti SOP Bebeong atau Pais Bebeong.

Sehingga, Binar mengharapkan pemimpin Kota Banjar kedepan bisa jujur, adil, amanah dan dapat membawa Kota Banjar menjadi lebih baik lagi.

"Terutama dalam sektor ekonominya, saya berharap ekonomi di Banjar kedepan bisa lebih maju lagi dan masyarakatnya sejahtera," ucapnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network