Teka-teki Koalisi Indonesia Maju di Pilkada Kota Banjar 2024

Budiana Martin
Teka-teki Koalisi Indonesia Maju di Pilkada Kota Banjar 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Ketua DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto meng instruksikan kadernya untuk membentuk Koalisi Indonesia Maju (KIM) di pemilihan kepala daerah, tak terkecuali di Kota Banjar, Jawa Barat.

"Kami saat ini mendapatkan instruksi untuk melakukan safari politik oleh DPP ke partai-partai yang tergabung di dalam KIM," kata Ketua DPD Partai Golkar Banjar, Dadang Ramdhan Kalyubi, Kamis (9/5/2024).

Dalam safari politiknya, Golkar membahas terkait koalisi dan mengajak partai-partai di dalam KIM untuk bekerja sama menangkan Pilkada Kota Banjar 2024.

"Terkait koalisi kami terus melakukan komunikasi politik. Sesuai arahan DPP kami Golkar diinstruksikan untuk memprioritaskan membentuk KIM untuk Pilkada Banjar," kata dia.

Meski begitu, partai-partai di Kota Banjar yang tergabung dalam KIM terkesan sudah memiliki skenario lain dalam menentukan langkah politiknya untuk Pilkada 2024.

Manuver-manuver lain membahas koalisi di luar KIM pun dilakukan oleh partai politik seperti Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Gerindra.

Pasalnya, PAN dan Demokrat sebelumnya telah bertemu dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Nasdem. Dalam pertemuan tersebut mereka membahas terkait koalisi menghadapi Pilkada 2024.

"Kami juga diperintahkan oleh pusat untuk berkoalisi mengikuti koalisi Pilpres," kata Sekretaris DPC Demokrat Kota Banjar Asep Sapurrohmat.

Akan tetapi, Asep menyampaikan kepada DPD dan DPP bahwa di daerah memiliki kultur politik yang berbeda dengan pusat. Sehingga pihaknya di daerah belum bisa meyakinkan bahwa koalisi KIM bisa diadopsi ke daerahnya.

"Kami juga menyambut baik semua partai di Banjar untuk bersilaturahmi. Kami pun berharap dapat berkoalisi dengan Golkar pada Pilkada Banjar 2024," kata Asep.

Ambisi Gerindra Usung Calon Wali Kota Banjar

Sekretaris DPC Partai Gerindra Banjar, Deni Herdiandi mengatakan bahwa DPP Gerindra saat ini belum menginstruksikan untuk mengadopsi Koalisi Indonesia Maju (KIM) dalam Pilkada Banjar.

Kultur politik itu dinamis dan Gerindra pun tidak menutup kemungkinan untuk bentuk KIM di Banjar, terlebih dengan Partai Golkar yang vokal mengadopsi untuk membentuk Koalisi Indonesia Maju di daerah.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network