360 Napi Lapas Banjar Terima Remisi Idul Fitri 1445 H, 2 Orang Langsung Bebas

Budiana Martin
360 napi Lapas Banjar terima remisi Idul Fitri 1445 H, 2 orang langsung bebas. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Sebanyak 360 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Lapas Kelas IIB Banjar mendapat remisi Idul Fitri 1445 Hijriyah, dua narapidana diantaranya langsung bebas.

Kalapas Banjar Amico Balalembang menerangkan 360 narapidana tersebut mendapatkan remisi antara 15 hari hingga 2 bulan, ada juga 2 napi langsung bebas.

Ia mengatakan untuk mendapatkan remisi tentunya ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh para napi, ketika sudah memenuhi persyaratan itu maka mereka berhak memperoleh remisi khusus Idul Fitri.

"Untuk persyaratan remisi ini yaitu telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada register F (buku catatan pelanggaran disiplin serta aktif mengikuti program pembinaan)," ungkapnya, Rabu (10/4/2024).

Amico juga mengatakan mereka harus memiliki kelakuan baik dalam kurun waktu remisi berjalan dan untuk tindak pidana terkait PP nomor 99 Tahun 2012 pasal 34A.

"Minimalnya telah menjalani pidana minimal 6 bulan dengan melampirkan syarat-syarat sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia," kata dia.

Adapun total warga binaan Lapas Banjar sampai 10 April 2024 ada sebanyak 450 orang, sedangkan yang mendapat remisi khusus Idul Fitri ini ada sebanyak 360 orang.

Amico menjelaskan, besaran perolehan remisi khusus I atau masih harus menjalani sisa pidana setelah mendapat remisi.

"Rincian napi yang dapat remisi, Pidana umum, remisi 15 hari sebanyak 25 orang, 1 bulan ada 135 orang, 1 bulan 15 hari ada 50 orang dan 2 bulan ada 5 orang total 215 orang," katanya.

Kemudian untuk pidana terkait PP 99, remisi 15 hari ada satu orang, 1 bulan ada 81 orang, 1  bulan 15 hari ada 58 orang dan 2 bulan hanya satu orang jumlah sebanyak 141 orang dan total keseluruhan 356 orang.

"Sementara remisi khusus II (langsung bebas) terkait pidana umum sebanyak 2 orang ditambah warga binaan yang menjalani subsider kurungan pengganti denda ada 2 orang," jelasnya.

"Sehingga total keseluruhan warga binaan yang mendapat remisi khusus Idul Fitri sebanyak 360 orang," sambungnya.

Dalam hal ini, Amico mengatakan semoga para napi yang mendapatkan remisi khusus yang langsung bebas bisa beradaptasi dengan lingkungan tempat tinggalnya.

"Kami juga mengharapkan mereka bisa memanfaatkan hasil pembinaan yang mereka dapat selama menyelesaikan tanggung jawabnya di lapas Banjar," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network