Belasan Peluru, Magazen dan Granat Aktif Ditemukan Warga Kota Banjar di Dasar Kolam Ikan

Budiana Martin
Belasan peluru, magazen dan granat aktif ditemukan warga Kota Banjar di dasar kolam ikan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Insiden menegangkan terjadi ketika belasan peluru, magazen dan bahan peledak jenis granat nanas aktif ditemukan di dasar kolam ikan di Lingkungan Sumanding Wetan, Kelurahan Mekarsari, Kota Banjar, Jawa Barat.

Peralatan perang itu pertama kali diketahui oleh seorang warga bernama Ade Saefudin (59) warga Cikabuyutan Timur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Ade menemukan belasan peluru, magazen dan granat nanas di dasar kolam ikan yang disewanya di lokasi penemuan. Ia mengaku kaget saat menemukan benda asing yang didapatnya dari dalam kolam.

"Awalnya saya sedang mengeruk lumpur dari dalam kolam, saat itu terpegang benda asing yang terbungkus kantong kresek warna hitam. Saat dibuka di dalam kresek itu terdapat dua kresek lagi dan ketika dibuka kresek pertama itu terlihat seperti peluru," katanya saat ditemui iNewsCiamisRaya.id, Sabtu (30/3/2024).

Waktu awal ditemukan, Ade mengaku kaget lalu benda-benda itu direndam di dalam air dan dirinya pergi ke rumah salah seorang pensiunan TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang dekat dengan lokasi penemuan.

"Penemuannya sekitar pukul 12.30 WIB, lalu saya lapor ke warga yang pensiunan TNI, katanya barang yang ditemukan itu peluru, magazen dan granat aktif. Lalu pensiunan itu menyarankan saya untuk melapor ke koramil setempat," kata dia.

Tidak berselang lama, para anggota dari Koramil 1313/Banjar langsung datang ke lokasi untuk melihat benda yang telah ditemukannya.

"Setelah dilihat, benda-benda yang ditemukan di dasar kolam itu langsung diamankan ke Koramil," ucapnya.

Bintara Piket Koramil 1313/Banjar Pelda Sigit Mas'ud membenarkan bahwa pihaknya telah menerima peluru, magazen dan granat nanas aktif yang ditemukan warga.

"Iya benar, kami menerima penemuan benda diduga peluru, magazen dan granat yang masih aktif. Kami pun langsung lapor ke Danramil Banjar, lalu dilaporkan ke Tim Peralatan (Timpal) Tasikmalaya," katanya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network