Kirab Budaya Janur Meriahkan HUT ke-21 Kota Banjar

Budiana Martin
Kirab Budaya Janur meriahkan HUT ke-21 Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Ribuan warga memenuhi Jalan Letjend Suwarto, Kota Banjar. Mereka hadir untuk melihat kemeriahan Festival Kirab Budaya Janur dalam rangka hari jadi ke-21 Kota Banjar.

Dari pantauan iNewsCiamisRaya.id, Festival Kirab Budaya Janur dimeriahkan berbagai penampilan dari kesenian helaran dan budaya dari 25 Desa serta Kelurahan yang ada di Kota Banjar.

Festival Kirab Budaya Janur juga diserukan oleh empat penampilan kesenian helaran dan kebudayaan daerah Kabupaten Ciamis serta Marching Band Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Bandung.

Masyarakat terlihat sangat antusias melihat berbagai penampilan kesenian khas setiap desa/kelurahan dengan kostum yang unik, menarik hingga menyeramkan.

Ada pun kesenian unik yang ditampilkan di Festival Kirab Budaya diantaranya seperti Reog Dongkol, Jurig Sarengseng, Macan Lugay, Kakalongan, Badawang Kawung dan berbagai kesenian lainnya.

"Ramai, kirab budaya ini memang selalu ada setahun sekali saat peringatan hari jadi Kota Banjar," kata seorang warga Banjar bernama Dina saat ditemui di lokasi acara, Sabtu (24/2/2024).

Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat

Penjabat Wali Kota Banjar, Ida Wahida Hidayati yang turut hadir menyaksikan Festival Kirab Budaya mengatakan acara ini merupakan gambaran sukacita masyarakat saat meriahkan Hari Jadi ke-21.

Ida juga berharap dengan digelarnya acara seperti ini bisa menumbuhkan kreativitas dan inovasi masyarakat di Kota Banjar agar aset seni disini bisa lebih berkembang.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network