Pemilu 2024, Ratusan TPS di Kota Banjar Berlokasi di Daerah Rawan Bencana

Budiana Martin
Pemilu 2024, ratusan TPS di Kota Banjar berlokasi di daerah rawan bencana. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar mencatat ada ratusan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 berlokasi di daerah rawan bencana alam.

"Di Banjar itu ada 611 TPS, dan hampir semua TPS berada di lokasi rawan bencana alam," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi melalui sekretarisnya, Asep Setiadi pada iNewsCiamisRaya.id, Kamis (18/1/2024).

Asep menyebutkan pernyataan tersebut berdasarkan pengalaman atau sejarah pada pemilihan umum tahun 2019 lalu.

Dimana hampir semua TPS di Kota Banjar itu berada di lokasi yang rentan terjadi angin puting beliung, hujan dan lainnya.

Kemudian, dilihat dari portal hasil kajian risiko atau InaRISK Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lokasi-lokasi TPS ini hampir semuanya masuk ke wilayah tinggi cuaca ekstrem.

"Belum lagi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa puncak musim hujan itu akan terjadi pada Februari 2024 mendatang tepat di bulan pelaksanaan Pemilu," kata dia.

Meski demikian, BPBD dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar sudah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi agar pelaksanaan pemilu tetap berjalan lancar.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network