Mirip dengan Singapura, Pemkot Banjar Gunakan Sistem Sanitary Landfill untuk Mengolah Sampah

Budiana Martin
Mirip dengan Singapura, Pemkot Banjar gunakan sistem Sanitary Landfill untuk mengolah sampah. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Penjabat Wali Kota Banjar Ida Wahida Hidayati sebut sistem pengolahan sampah di Banjar saat ini sama seperti Negara Singapura yakni Sanitary Landfill.

Menurut Ida, Sanitary Landfill adalah sistem pengolahan sampah dengan metode membuang atau menumpuk sampah di lokasi cekung, kemudian dipadatkan, lalu ditimbun dengan sampah.

"Sistem ini sangat bagus, sama dengan di Singapura. Mudah-mudahan bisa dikelola dengan baik," kata Ida saat meresmikan lokasi cekung untuk pengelolaan sistem Sanitary Landfill di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kota Banjar, Jumat (29/12/2023).

Pengolahan Sampah di Kota Banjar Sekarang Mampu Bertahan 20 Tahun ke Depan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar Eri Wardana mengatakan dengan digunakan sistem Sanitary Landfill ini, TPA di Banjar mampu bertahan selama 20 tahun ke depan.

Eri mengatakan sistem ini dirancang secara maksimal termasuk dampak-dampak yang akan terjadi seperti keberadaan lokasi yang lebih dari 100 meter dari bibir sungai.

Upaya tersebut untuk menghindari air yang mengalir tercemar dengan bau sampah, apalagi air sungai yang dekat dengan TPA yakni Sungai Citanduy itu digunakan warga Kota Banjar untuk kebutuhan sehari-hari melalui pengelolaan dari Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Anom.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network