Jalan Griliya Pamongkoran, Nostalgia Tempat Nongkrong Anak Muda Era 70-an di Kota Banjar

Budiana Martin
Jalan Griliya Pamongkoran, nostalgia tempat nongkrong anak muda Era 70-an di Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Sebagian masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat tentu sudah tak asing lagi dengan nama Jalan Griliya Pamongkoran, apalagi bagi mereka yang lahir di era 70 sampai 90-an.

Tempat yang sering disebut dengan nama Jalan Pamongkoran itu, tentu akan buat mereka teringat kembali pada masa lalunya, terutama tentang kenangan asmara anak-anak yang lahir di era tahun tersebut.

Jalan Pamongkoran pada waktu itu dikenal sebagai tempat yang cocok untuk nongkrong, kencan bersama pacar. Karena suasana jalan yang dihimpit oleh hamparan sawah dengan banyak pohon rindang, dirasa tepat untuk anak muda berduaan bersama sang pujaan hati.

Selain itu, tak sedikit juga pasangan kekasih yang menjadikan jalan tersebut sebagai jalur romantis saat membawa pujaan hati berjalan-jalan.

"Tentu ingat, dulu di Pamongkoran itu orang-orang banyak yang pacaran, baik mereka yang bersantai di sana ataupun yang sekedar lewat," kata seorang warga Kota Banjar, Robby, (43) kepada iNewsCiamisRaya.id, Rabu (27/12/2023).

Ia juga mengatakan biasanya Jalan Pamongkoran ramai ketika sore hari, apalagi jika malam minggu, pasti banyak orang.

"Sore itu banyak yang nongkrong disini, apalagi kalau hari sabtu pasti ramai sampai malam," kata dia.

Dulu suasananya masih sepi dan tidak ada bangunan di area Jalan Pamongkoran, bahkan pemukiman rumah pun terbilang jauh dari tempat ini.

"Kalau sekarang kan ramai banyak yang jualan di pinggir jalannya, terus rumah warga pun deket, dulu mah masih jarang," ucapnya.

Keramaian di tempat ini terbilang hampir setiap hari, apabila jika sedang bulan ramadhan, tak sedikit orang ngabuburit (menunggu buka puasa) bersama pacarnya di tempat ini.

Jika diingat kembali, Roby menyebutkan bahwa tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri pada waktu itu, dimana suasananya indah dengan pemandangan hamparan sawah dan jika melihat ke arah selatan dilengkapi dengan indahnya bukit di sekitar lokasi.

"Tentu suasana seperti itu lah yang dianggap anak-anak seusia saya waktu itu sebagai tempat yang sangat romantis," jelasnya.

Banyak Anak Muda Balap Liar di Jalan Pamongkoran

Dulu tak hanya dijadikan tempat pacaran saja, Jalan Griliya Pamongkoran juga sering dijadikan lintasan balap liar oleh anak-anak muda para pecinta otomotif.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network