Bus Terguling di Jatinangor Sumedang, 6 Anggota Pramuka MAN 2 Ciamis Mengalami Luka-Luka

Andri M Dani
Bus terguling di Jatinangor Sumedang, 6 anggota pramuka MAN 2 Ciamis mengalami luka-luka. Foto: Dok Kwarcab Pramuka Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Dari 14 anggota pramuka yang mengalami luka-luka akibat bus yang mereka tumpangi terguling di daerah Kiarapayung Cikeuyeup Sumedang, 6 orang dari MAN 2 Ciamis.

Termasuk guru pendampingnya, Bu Novi yang mengalami luka robek di bibir dan memar di muka.

“Dari MAN 2 yang mengalami luka-luka akibat kecelakaan bus di Jatinangor tadi siang ada 6 orang. Seorang guru pendamping, Bu Novi. Berikut 2 siswi dan 3 siswa,” ujar Kepala MAN 2 Ciamis, H Aris Mujiharjo kepada iNewsCiamisRaya.id, Minggu (24/12) .

Dari 6 orang tersebut menurut Aris, seorang dirujuk ke RS St Yusuf atas permintaan keluarga (asal Kuningan). Dan seorang lagi masih di RS AMC didampingi asisten pendamping karena masih menunggu obat.

“Sedangkan 4 orang lainnya sudah berangkat pulang bersama rombongan lainnya baik dari MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 (Ciamis) Dengan menggunakan 3 elf dan 1 hiace. Tadi sehabis magrib katanya sudah lewat Nagreg,” katanya.

Dari MAN 2 Ciamis menurut Aris ada sebanyak 24 siswa (3 regu) anggota pramuka penegak yang mengikuti Kemah Bhakti Harmoni Beragama yang digelar di Bumi Perkemahan Kiarapayung Jatinangor Sumedang mulai Kamis (21/12 ) sampai Minggu (24/12).

“Peserta dari MAN 2 sebanyak 3 regu. Dua regu (16 orang) putra dan satu regu (8 orang) putri,” jelasnya.

Rombongan pramuka penegak dari MAN 2 Ciamis tersebut berangkat dari Ciamis Kamis (21/12) pukul 08.00 WIB  dengan menggunakan bus pariwisata (carteran)  bersama rombongan peserta dari MAN 1 dan MAN 3 Ciamis. Berangkat dari titik kumpul di MAN 2 Ciamis Kamis .

Menurut Aris, rombongan dari MAN 2 sebanyak 2 regu (16 orang) naik bus bersama rombongan peserta dari MAN 1 dan MAN 3 Ciamis. Sedangkan satu regu lagi (laki-laki semua) naik kendaraan terpisah hiace.

Setiba di Buper Jatinangor, Kamis siang tersebut langsung cek in dan pembukaan kegiatan berlangsung esok harinya, Jumat (22/12). Sampai kegiatan berakhir Minggu (24/12) pukul 10.00 WIB.

“Tadi sehabis penutupan, sekitar 11.00 saya dan beberapa guru naik mobil dinas sekolah langsung pulang ke Ciamis. Sementara siswa peserta masih menunggu datangnya bus yang menjemput,” ujar Aris.

Namun dalam perjalanan pulang menuju Ciamis mendapat informasi ada kecelakaan. Bus yang membawa rombongan pramuka dari MAN 1, MAN 2 dan MAN 3 Ciamis mengalami kecelakaan di jalan sekitar Buper Kiarapayung Jatinangor.

Akibat kecelakaan tersebut, dari sekitar 48 penumpang bus ada 14 orang anggota pramuka yang mengalami luka-luka.  Menurut  Aris, 6 orang diantaranya  dari MAN 2 Ciamis. Yakni 5 siswa dan seorang guru pendamping, yakni Ibu Novi Yulianti yang mengalami luka robek di bibir dan memar di wajah. Sedangkan 5 siswa (dua diantaranya siswi) mengalami luka lecet dan ada juga yang traumatik (syok).

Setelah dibawa dan ditangani di RS AMC Cileunyi menurut Aris, seorang siswa dirujuk ke RS St Yusuf Bandung atas permintaan keluarga (asal Kuningan) dan seorang lagi menjelang magrib masih tertahan menunggu obat.

Sedangkan 4 lainnya termasuk guru pendamping, Ibu Novi menurut Aris sudah berangkat menuju Ciamis bersama rombongan lainnya dengan menggunakan 3  elf dan 1 hiace.

“Sekarang masih dalam perjalanan menuju Ciamis. Pihak keluarga sudah pada menunggu di MAN 2. Malam ini juga langsung ke rumah masing-masing. Bagi siswa yang tidak ada keluarganya yang menjemput. Kami akan antar langsung ke rumah masing-masing. Kami sudah siapkan mobil,” katanya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network