Sektor Transportasi di Kota Banjar Lesu, Terminal Elite Penumpang Sulit

Budiana Martin
Sektor transportasi di Kota Banjar lesu, terminal elite penumpang sulit. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

Terminal Elite Penumpang Sulit

Meski demikian, hingga saat ini tidak ada perubahan yang signifikan dari kesepakatan yang dilakukan Pemerintah menjadikan terminal tipe A Banjar jadi MPP

Bahkan dengan kondisi sekarang, banyak masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat melontarkan celotehan dengan bahasa sindiran.

"Terminal Kota Banjar sekarang memang elite tapi penumpangnya sulit," kata seorang warga Banjar bernama Epul saat ditemui iNewsCiamisRaya.id, tidak jauh dari kawasan Terminal Tipe A Kota Banjar, Sabtu (9/12/2023).

Epul menyebutkan masyarakat Kota Banjar yang dulu biasa beraktivitas di tempat persinggahan angkutan umum seperti bus itu kini tidak tau kemana.

"Dulu sebelum terminalnya bagus kan disini ramai, banyak penumpang, penjual asongan, pedagang makanan, tukang ojek, calo, dan yang lain. Tapi sekarang tidak ada, warung-warungnya pun hilang, ruko-ruko pun pada tutup," kata dia.

Mungkin, kondisi ini terjadi karena berkurangnya masyarakat yang minat naik angkutan umum, kemudian para pedagang yang tidak lagi memiliki tempat usahanya atau ada hal lain.

"Tapi kondisi terminal sekarang sebetulnya lebih tertata, bahkan saya dengar akan ada mall di bangunan terminal sekarang, hanya sampai saat ini belum kelihatan ada orang usaha di bangunan baru, mungkin sewa kiosnya mahal atau apa lah saya kurang mengetahui, yang pasti kondisi terminal sekarang memang sepi," kata Epul.

Meski begitu, Epul berharap Pemerintah Kota Banjar bisa lebih mengoptimalkan pengelolaan terminal tipe A agar suasananya kembali ramai seperti dulu.

"Sekarang sih memang orang-orang sudah banyak yang menggunakan kendaran pribadi untuk berpergian, tapi ya mudah-mudahan angkutan umum juga bisa ramai kembali, meski saya tidak kepikiran dengan cara apa mengembalikannya," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network