Berbagai Produk WBP Lapas Banjar Laris Manis di Pasaran, Piring Lidi Jadi Unggulan

Budiana Martin
Berbagai produk WBP Lapas Banjar laris manis di pasaran. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Berbagai produk warga binaan Lapas Kelas IIB Kota Banjar laris manis dijual di pasaran, salah satunya piring lidi yang menjadi produk unggulan.

"Alhamdulillah, produk hasil warga binaan di Lapas Banjar ini memang laris di pasaran," kata Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas IIB Kota Banjar, Sukma Gagah Irawan, kepada iNewsCiamisRaya.id, Rabu (6/12/2023).

Gagah mengatakan produk-produk warga binaan di Lapas Kelas IIB Kota Banjar itu ada berbagai macam, mulai dari hasil pertanian, kerajinan tangan dan berbagai macam lainnya.

"Ada banyak, mulai dari hasil tani, terong, sawi, kangkung, buah pepaya, dan ada juga kerajinan tangan," kata dia.

Ia menyebutkan semua produk yang dihasilkan oleh warga binaan di Lapas Banjar ini memang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya di Banjar.

Apalagi produk unggulannya yakni piring lidi, bahkan Gagah mengaku pihaknya telah bekerjasama untuk mensuplai produk ini ke pelaku usaha.

"Untuk produk kerajinan tangan kita sudah kerjasama dengan PD Karya Lidi di Ciamis, jadi kita suplai produk unggulan kami kesana, hanya memang permintaanya belum bisa terpenuhi maksimal, karena di kita hanya bisa membuat 30 biji per hari," ucapnya.

Dalam hal ini, Gagah menjelaskan bahwa produk yang dihasilkan oleh warga binaan Lapas Banjar merupakan suatu program pelatihan untuk memberikan keterampilan semasa mereka menjalani tanggung jawabnya.

Jadi, tujuan dari pembinaan kegiatan lapas banjar atau giatja ini merupakan pendidikan yang diberikan lapas kepada mereka agar nantinya memiliki keterampilan.

"Karena dengan diberikan keterampilan nantinya mereka bisa memanfaatkan saat kembali ke masyarakat, sehingga mereka bisa mencari penghasilan sendiri supaya perlakuan tindak pidananya tidak diulangi," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network