186 Peristiwa Kebakaran Hutan dan Rumah Terjadi di Ciamis Selama Tahun 2023

Andri M Dani
186 peristiwa kebakaran hutan dan rumah terjadi di Ciamis selama tahun 2023. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Selama tahun 2023 sampai pertengan November ini telah terjadi 186 peristiwa kebakaran yang melanda Ciamis.

Terbaru, Senin (20/11) siang kobaran api melalap kawasan hutan Geger Bentang di Dusun Ciparakan Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Ciamis.

Dari 186 kali bencana kebakaran tersebut paling banyak melanda rumah (69 kali) dan lahan hutan atau kebun (63 kali).

Menurut Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Iyus Yusmanah SE dari 186 kebakaran yang terjadi selama tahun 2023 sampai Minggu (19/11) tersebut paling sering terjadi pada bulan September dan Oktober saat puncaknya musim kemarau yang ditandai dengan cuaca panas terik.

“Pada bulan September 46 kejadian dan bulan Oktober 45 kejadian,” ujar Iyus Yusmanah kepada iNewsCiamisRaya.id Senin (20/11).

Kejadian terakhir Minggu (19/11) malam kebakaran tempat pembuangan sampah (TPS) di Sindangkasih, penyelamatan korban kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Ciamis-Tasikmalaya depan Mako Damkar Imbanagara. Serta kebakaran hutan di Ciparakan Sukahurip Pamarican, Senin (20/11) siang.

Dari 46 kejadian kebakaran pada bulan September dan 45 kejadian pada bulan Oktober tersebut didominasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan kebakaran rumah.

Secara rinci menurut Iyus, dari 186 kali kejadian kebakaran tersebut, selain rumah yang menjadi korban (69 kali), maupun hutan dan lahan (63 kali), objek lain yang terbakar adalah bangunan pabrik (8), kendaraan roda 4 (3), rentangan kabel (4), kantor desa (1), sekretariat PKBM (1), regulator gas LPG (1) toko/kios/warung (5), lampu PJU/mercury (3), kandang ayam (7), gudang (4), pakaian (1), kompor (1), tempat pembuangan sampah (4), penggergajian kayu/limbah (3), pabrik pengolahan sabut kelapa, pabrik tahu (6), dan tempat pengepul rongsok (1).

Asal usul api atau penyebab terjadinya ratusan kebakaran yang melanda Ciamis selama tahun 2023 tersebut cukup beragam. Paling banyak lantaran hubungan arus pendek listrik (korsleting) (52 kali), dan pembakaran sampah/sekam atau lahan (54 kali).

Kemudian akibat tungku api yang lupa dimatikan (21 kejadian), puntung rokok (26 kejadian), kebocoran selang regulator (5), penggarangan kopra (tungku) (1), lilin/korek gas (3), percikan api (2), gesekan kabel (1), lentera minyak tanah/cempor (1), sambaran petir (1),  ledakan HP (2), kelalaian manusia (2), oven penghangat kandang ayam/semawar (4) serta lainnya seperti obat nyamuk bakar kompor, bara (12 kali) .

Dari 27 kecamatan di Ciamis, bencana kebakaran paling banyak terjadi di Kecamatan Ciamis (30 kali), Banjarsari (19), Pamarican (17), Kawali (16), Banjaranyar (14), dan Rancah (13). Di kecamatan lainnya kejadian kebakarannya di bawah angka 10. Kecuali Kecamatan Sukamantri dan Kecamatan Cihaurbeuti tidak ada kejadian kebakaran selama tahun 2023 sampai pertengahan November ini.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network