5 Fakta Menarik Suku Tengger di Gunung Bromo, Masih Memegang Teguh Tradisi dan Budaya

Eni Pepin Lusiani
Gunung Bromo. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Eni Pepin Lusiani

3. Senang Bermusyawarah

Masyarakat Tengger dikenal sebagai masyarakat yang sangat mencintai kedamaian. Mereka memiliki tradisi musyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah. Pendekatan ini membantu menciptakan harmoni dan menjaga keamanan di wilayah mereka dari tindak kejahatan.

4. Banyak Upacara Adat

Suku Tengger memiliki sejumlah upacara adat keagamaan yang penting dalam tradisi dan budaya mereka, di antaranya Kasada atau persembahan, Unan-Unan atau bersih desa hingga upacara Yadnya Kasada.

5. Gunung Bromo Dianggap Suci

Masyarakat suku Tengger menganggap Gunung Bromo sebagai tempat suci yang sangat dihormati. Mereka memiliki keyakinan spiritual yang kuat terhadap gunung tersebut dan menjaga kelestarian alam dan ekosistem di sekitarnya.

Mereka rutin menggelar upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo pada tiap bulan purnama tanggal 14 atau 15 bulan sesuai kalender Jawa. Ritual sakral ini merupakan salah satu cara mereka untuk mempersembahkan sebagian hasil bumi yang diperoleh penduduk Tengger kepada Gunung Bromo.

Itulah sejumlah fakta menarik Suku Tengger, suku asli yang mendiami wilayah sekitar Gunung Bromo, Tengger, dan Semeru di Jawa Timur.

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network