Merajut Kebersamaan dan Toleransi Antara Siswa SD Katolik Yos Sudarso dengan Santri di Tasikmalaya

Heru Rukanda/Kristian/Eni Pepin Lusiani
Indahnya Kebersamaan dan Toleransi di Tasikmalaya, Siswa SD Katolik Yos Sudarso Ulin Bareng Santri. Foto: iNewsTasikmalaya.id/Kristian

“Itulah sebabnya kegiatan ini diberi judul “Dulur Ulin”. Siswa-siswi Yos Sudarso yang notabene beragama Katolik dan sebagian diantaranya berasal dari etnis Tionghoa, bersama dengan para santri yang beragama muslim dan beretnis Sunda, bercampur-baur dalam sukacita permainan tradisional,” ucap Nita.

Kegiatan lintas iman ini juga turut diikuti oleh para orang tua siswa. Mereka ikut memeriahkan acara tersebut dengan menampilkan pertunjukan seni kolaborasi lintas agama dan lintas etnis. “Para orang tua dari Gereja Katolik yang tergabung dalam kelompok Angklung Silih Asih berkolaborasi dengan Gamelan Kontemporer Ki Pamanah Rasa mengalunkan lagu-lagu daerah dan nasional, menambah kemeriahan acara tersebut,” tandasnya.

Pemimpin dan pengasuh Ponpes Sabilul Huda Tasikmalaya Ustaz Mohammad Al-Faruq, menuturkan, pihaknya berasa senang dengan kehadiran anak-anak SD Yos Sudarso bersama para guru dan orang tuanya ke pondok pesantrenya. Kegiatan tersebut menurutnya menjadi pengamalan dalam ajaran Islam tentang membangun ukhuwah wathoniyah.

“Kami merasa senang menyambut anak-anak dari sekolah Yos Sudarso bersama para pendamping. Kegiatan ini merupakan pengamalan ajaran Islam untuk membangun ukhuwah wathaniyah, yaitu persaudaraan sesama anak bangsa. Kita bisa melihat, ketika anak-anak bermain bersama, tidak ada yang saling mempertanyakan suku, agama, maupun ras. Dari anak-anak inilah kita semua perlu belajar tentang hidup berbangsa dalam keberagaman,” ujar Ustaz Faruq.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Indahnya Kebersamaan dan Toleransi di Tasikmalaya, Siswa SD Katolik Yos Sudarso Ulin Bareng Santri"

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network