Ritual Adat Hajat Bumi di Kota Banjar Dimeriahkan Pertunjukan Musik Drama Lintas Etnis

Asep Juhariyono
Ritual Adat Hajat Bumi di Kota Banjar Dimeriahkan Pertunjukan Musik Drama Lintas Etnis. Foto: Ist

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id – Ritual adat Hajat Bumi yang digelar oleh Kawargian Pulo Majeti berlangsung meriah. Perayaan ini diadakan pada Minggu (23/7/2023) di Kampung Siluman, Pulo Majeti, Kelurahan Purwaharja, Kota Banjar.

Dalam pagelaran musik drama bertajuk ‘Sarakan Mangsa’ itu, diwarnai pementasan tari-tarian serta aksi teatrikal yang diiringi musik gamelan dan angklung. Pagelaran ini merupakan bagian dari rangkaian besar perayaan adat Hajat Bumi yang berlangsung selama 3 hari, mulai dari Minggu (23/7/2023) hingga Selasa (25/7/2023).

Pentas musik ‘Sarakan Mangsa’ merupakan pertunjukan kolaborasi antara Gamelan Kontemporer Ki Pamanah Rasa dari Sakola Motékar dengan Kelompok Angklung Silih Asih dari Masyarakat Tionghoa Peduli Ciamis dan Banjar.

Alunan musik drama ini tidak hanya menawarkan refleksi yang mendalam tentang peziarahan hidup manusia, penampilan kolaborasi lintas-etnis ini juga memberikan pemandangan yang sangat indah tentang perbedaan dan keberagaman Indonesia.

Kang Ebel, pemimpin kelompok Gamelan Kontemporer Ki Pamanah Rasa mengatakan, para pemain gamelan yang notabene orang-orang Sunda dan para pemain angklung yang notabene etnis Tionghoa, dipadukan dalam satu harmoni pertunjukkan musik yang indah.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network