Deretan Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kolesterol Naik, Hati-Hati!

Kevi Laras/Eni Pepin Lusiani
Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kolesterol Naik, Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Pada hari raya Idul Fitri, tentu banyak ragam makanan dihidangkan. Setiap daerah memiliki makanan khas lebaran dengan menu spesial tersendiri. Di balik kenikmatannya, jika dikonsumsi berlebihan menyimpan sumber penyakit apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Diantara menu khas Idul Fitri yang paling populer dikalangan masyarakat adalah rendang, opor ayam, Coto Makassar, dan lain sebagainya.

Lantas, makanan khas lebaran apa yang dapat memicu kolesterol tinggi? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasannya.

Hidangan Khas Lebaran yang Bikin Kolesterol Naik

1. Opor Ayam

Salah satu makanan khas Idul Fitri sangat dekat dengan masyarakat Indonesia berbagai kalangan. Tersaji dengan warna kuning atau putih, Opor ayam memiliki rasa gurih dari santan.

Ditambah lagi keempukan daging ayam mampu menggetarkan perut kala lebaran. Belum lagi, ada topping tambahan sering digunakan yaitu telur hingga ati ampela atau lainnya.

Perlu diketahui, kandungan kolesterol dalam telur mendapat reputasi buruk. Satu telur mengandung sekitar 60 persen dari nilai kolesterol harian, tetapi hanya mengandung 8 persen dari tunjangan lemak jenuh kita, maka pertahankan putih telur, yang mengandung banyak protein tanpa kolesterol.

"Tapi banyak makanan tinggi kolesterol juga mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi," kata ahli diet, Julia Zumpano, RD, LD dilansir Cleveland.

2. Kue Kering

Siapa yang tak kenal kue kering Idul Fitri terlintas dipikiran oleh kita yaitu nastar, kue salju,dll, yal menjadi cemilan primadona di Indonesia kala lebaran. Namun, kue kering ini mengandung susu, telur dan keju.

Perlu diketahui, di dalam satu potong kue kering terdapat 75 kalori. Kendatinya, kita tidak dapat dikonsumsi secara berlebihan, terutama bagi penderita kolesterol dan sebagian besar produsen kue, juga menambahkan gula untuk rasa lebih manis dapat membuat kadar trigliserida darah menjadi tinggi.

3. Rendang

Makanan khas Idul Fitri ini juga disukai banyak orang, bahkan disebut makanan terenak di dunia loh. Dari sensasi gurih dan sedikit pedas juga rempah-rempahnya mampu membuat siapapun ketagihan.

Sayangnya tidak bisa dimakan berlebihan, khususnya bagi penderita kolesterol karena daging Sapi dalam 100 gr dan mengandung Lemak Total 14 gr juga Kolesterol 70 mg. Sama seperti halnya Coto Makassar, bila ditambah santan dan sering dipanaskan, maka jumlah lapisan minyaknya akan semakin tinggi.

4. Coto Makassar

Makan khas lebaran asal Makassar ini sangat diminati masyarakat banyak, sebab kuah soto 'coto' ini cukup kental. Sehingga terasa berbagai bumbu rempah-rempah asal Indonesia.

Berisikan daging merah hingga jeroan sapi atau kerbau berdasarkan selera, ini mampu menarik lidah agar terus memakannya. Bagi penderita kolesterol harus hati-hati karena daging sapi dalam 100 gr dan mengandung lemak total 14 gr, juga Kolesterol 70 mg.

Ditambah santan yang semakin sering santan dipanaskan, maka jumlah lapisan minyaknya semakin tinggi, sehingga kandungan kolesterol jahatnya (LDL) semakin banyak.

Demikianlah makanan khas lebaran yang dapat memicu kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "Hati-Hati dengan Makanan Khas Lebaran Ini! Bisa Bikin Kolesterol Naik"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network