Wujudkan Sekolah Adiwiyata, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis Percantik Lingkungan

Muhamad Iqbal
Wujudkan Sekolah Adiwiyata, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis Percantik Lingkungan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Guna mewujudkan Sekolah Adiwiyata, para guru beserta siswa MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis, terus melakukan penataan dan pemeliharaan tanaman di lingkungan sekolah, Selasa (04/04/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempercantik dan memperindah lingkungan sekolah. Hal itu sekaligus merupakan bentuk sikap cinta terhadap lingkungan, diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Keberadaan taman ini, murid dan guru diharapkan bisa lebih merasa nyaman selama proses belajar dan mengajar.

Kepala MTs Al-Fadliliyah Darussalam Dr. H Fadlil Yani Ainusyamsi mengatakan, program pembentukan sikap peserta didik dan warga sekolah terhadap lingkungan di sekolah melalui Sekolah Adiwiyata, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis sejak tahun 2022 telah mengajukan calon Sekolah Adiwiyata ke Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

"Mengajukan calon Sekolah Adiwiyata ini baru untuk tahap Kabupaten Ciamis. Jika saja lolos dari tingkat Kabupaten, selanjutnya akan mengikuti tingkat Provinsi dan seterusnya. Ini merupakan program yang benar-benar mendidik peserta didik untuk mencintai lingkungan," kata Dr. H Fadlil Yani Ainusyamsi.

Menurutnya, semenjak mencalonkan Adiwiyata, pihaknya bersama jajaran warga sekolah melakukan berbagai persiapan mulai sosialisasi di lingkungan sekolah hingga menjadikan kurikulum berbasis lingkungan yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan serta mengintegrasikan materi lingkungan.

"Selain itu, kami juga mempersiapkan Bank Sampah yang berfungsi untuk mengelola dan memilah barang bekas yang layak digunakan kembali, dibuang, atau dimanfaatkan untuk kerajinan lainnya dengan memberdayakan kreativitas siswa," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network