VIDEO: Inovasi Bangkitkan Ekonomi, Produk UMKM Khas Ciamis Dikemas Jadi Parsel Lebaran

Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah menjadi berkah tersendiri bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), salah satunya Pojok Kuliner Pikide di Jalan Otto Iskandar Dinata, Desa Pawindan, Kecamatan/Kabupaten Ciamis.

Pengusaha yang bergelut di bisnis kuliner (ayam penyet dan keripik pisang lumer) ini memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan dengan berinovasi. Inovasi yang dilakukan antara lain mengemas produk olahan makanan hasil Pojok Kuliner Pikide menjadi kemasan parsel lebaran yang sangat menarik.

Seperti yang dilakukan Pengelola Pojok Kuliner Pikide, Tini Basuki (51) dan suaminya Rahmansyah (52), bahan baku ayam frozen yang digunakan merupakan bahan baku dari ayam pejantan Khas Ciamis, sedangkan bahan baku Banana Crackers produknya dari bahan pisang pilihan.

"Awal mula Pojok Kuliner Pikide menjual ayam frozen dan juga banana crackers ini kami mencoba melakukan inovasi dengan bahan yang seadanya dan berprinsip dengan bahan pengemasan yang ramah lingkungan, seperti kemasan tas anyaman berbahan daun pandan khas Rajapolah. Kemasan seperti ini tentu bisa di daur ulang ataupun dipakai ulang," kata Rahmansyah, Sabtu (1/4/2023).

Menurutnya, dalam satu paket ayam frozen pikide terdapat 10 potong ayam siap goreng dalam keadaan beku ditambah 200 gram sambal cabai rawit. Sementara untuk paket banana crackers terdapat 6 toples dengan berbagai varian rasa dari 11 rasa. Menjelang lebaran ini, Rahmansyah dengan istrinya dapat memproduksi 75 hingga 100 paket parsel lebaran dalam satu hari.

"Alhamdulillah menjelang hari raya Idul Fitri ini setiap tahun mengalami peningkatan dibanding hari-hari biasa. Untuk harga per paket ayam frozen kami jual Rp 260 ribu dan banana crackers ini kami jual Rp 210 ribu," ujarnya.

Rahmansyah menuturkan, produk olahan makanan yang dihasilkannya akan di distribusikan ke wilayah Jabodetabek. Bahkan sebelum momentum bulan Ramadhan pihaknya telah didistribusikan hingga ke luar pulau jawa hingga negara tetangga.

"Dengan mempertahankan rasa yang meresap dan bisa dibawa untuk mudik juga, diharapkan parsel lebaran berupa produk olahan makanan khas Pikide Ciamis ini dapat dinikmati warga di momentum lebaran nanti," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network