Jembatan Gantung Penghubung Kabupaten di Ciamis Hanyut Terbawa Arus, Aktivitas Warga Terputus

Muhamad Iqbal
Jembatan Gantung Penghubung Kabupaten di Ciamis Hanyut Terbawa Arus, Aktivitas Warga Terputus. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Jembatan gantung yang menghubungkan antar Kabupaten, Desa Sukajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, dengan Dusun Walahar, Desa Ciberung, Kecamatan Selajambe, Kabupaten Kuningan, hanyut terbawa luapan arus Sungai Cijolang pada Sabtu (25/3/2023) kemarin. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Meluapnya debit air sungai mengakibatkan seluruh plat lantai jembatan terbawa arus. Dengan demikian, jembatan penghubung antara Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Kuningan tersebut kini tidak bisa dilalui.

Salah seorang warga, Kuswara (81) mengatakan, jembatan yang dibangun pada tahun 2019 tersebut hanyut sekira pukul 17.00 WIB setelah diguyur hujan deras. Pada waktu kejadian, luapan air naik hingga 5 meter.

"Kemarin itu hujan besar kurang lebih 2 jam, setelah itu air sungai meluap setinggi 5 meter. Sehingga pelat lantai jembatan itu terbawa arus. Jadi ini yang tersisa hanya kawat sling jembatan dan pengaitnya saja," kata Kuswara saat ditemui, Minggu (26/3/2023).

Kuswara menuturkan, sebelum jembatan tersebut dibangun, warga menggunakan rakit untuk menyebrangi sungai. Setelah dibuatkan dan diresmikannya jembatan tersebut dapat mempersingkat aktivitas warga. Namun sayang, kini jembatan tersebut tidak dapat dilalui kembali.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network