Deretan Gempa Paling Mengerikan di Indonesia, Nomor 1 Bencana Terdahsyat Abad 21

Tika Vidya Utami
Pemandangan di Pesisir Meulaboh, Aceh seusai disapu tsunami pada 2004 silam, salah satu dampak gempa bumi terdahsyat di Indonesia. Foto: Choo Youn-Kong/AFP/Getty Images

3. Gempa Sumatera Barat 

Selanjutnya gempa paling mematikan di Indonesia yakni Gempa Sumatera Barat. Gempa dengan Magnitudo 7,9 terjadi di Sumatera Barat pada 30 September 2009. Gempa mempunyai kedalaman 71 kilometer serta pusat gempa berada 0.84 LS -99.65 BT, sekitar 57 kilometer Barat Daya Pariaman, Sumatera Barat. Intensitas guncangan gempa yang kuat terjadi di Pariaman, Agam, Padang dengan intensitas VIII MMI.

Gempa Sumatera Barat menyebabkan 1.100 orang meninggal dunia, 2.181 orang luka-luka, 2.650 bangunan rusak. Selain itu, gempa juga menyebabkan jaringan listrik dan komunikasi terputus. Kemudian juga terjadi eksodus warga yang tinggal di sekitar pantai ke tempat lain.

Berdasarkan sumbarprov.go.id, wilayah barat Pulau Sumatera adalah salah satu yang terletak pada pertemuan lempeng tektonik Indo-Australia dengan lempeng tektonik Eurasia. Sumber gempa tak hanya bersumber dari pertemuan tektonik tetapi juga adanya Sesar Mentawai serta Sesar Sumatera.

4. Gempa dan Tsunami Palu 

Di urutan terakhir gempa paling mematikan di Indonesia adalah gempa dan Tsunami Palu. Gempa bumi mengguncang Kabupaten Donggala dan Kota Palu dengan Magnitudo 7,4 pada 28 September 2018. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer, sementara posisi pusat gempa di 27 kilometer Timur Laut Donggala. Tidak lama setelah gempa, BMKG mengeluarkan peringatan tsunami dan Kota Palu diterjang ombak setinggi 6 meter.

Setelah gempa dan tsunami, Kota Palu dilanda likuifaksi. Likuifaksi mengakibatkan tanah larut seperti air yang mengalir, membawa bangunan serta kendaraan yang berada di atasnya.

Berdasarkan laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, gempa di Palu terjadi karena aktivitas Sesar Palu Koro. Akibat gempa dan tsunami, 2.037 orang meninggal dunia, 671 orang meninggal dunia, 152 orang tertimbun dan 4.084 orang luka-luka.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul ">Bencana Terdahsyat Abad 21 "

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network