17 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Tersiksa, Nikmati Prosesnya

Amelia Ayu Aldira
Cara menurunkan berat badan tanpa tersiksa dan efektif. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 17 cara menurunkan berat badan tanpa tersiksa yang bisa Anda lakukan. Cara menurunkan berat badan ini dilakukan tanpa menyakitkan, efektif dan sederhana juga tidak memaksakan diri untuk melakukan diet ketat.  

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan jika mengalami kelebihan berat badan (overweight), adalah dengan dengan melakukan diet.

Tetapi tidak semudah itu, karena pada dasarnya penurunan berat badan yang sehat adalah dengan mengatur pola makan dan asupan kalori serta dibarengi dengan aktivitas fisik.

Selama dilakukan secara bertahap dan konsisten, tidak akan merasa menderita dengan metode tersebut. Selain itu, dibutuhkan komitmen dan disiplin untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan yang ideal.

Inilah 17 cara menurunkan berat badan tanpa tersiksa

1. Mengukur Indeks Massa Tubuh (BMI)

Mengukur indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan apakah kekurangan berat badan, kelebihan berat badan atau memiliki berat badan ideal. Hal itu akan membantu untuk mengetahui berapa banyak berat badan yang dibutuhkan agar ideal. 

Misalnya, orang yang kelebihan berat badan pertama-tama harus kehilangan 5-10 persen berat awalnya. Dengan mengetahui indeks massa tubuh, memungkinkan untuk merancang diet dan aktivitas yang cocok dalam menurunkan berat badan.

2. Minum Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan dapat membantu kita merasa lebih kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan besar. Selain itu, rasa haus terkadang terlihat seperti rasa lapar.

Jadi, minumlah air terlebih dahulu untuk mengatasi lapar karena metode ini dapat mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan.

3. Tidak Melewatkan Sarapan

Makan pagi secara teratur mengurangi keinginan untuk mengonsumi makanan dan ngemil yang tidak sehat. Dengan membiasakan sarapan dan memenuhi gizi yang seimbang, akan membuat tubuh merasa kurang lapar di siang hari serta porsi makan pada jam makan siang turut berkurang.

4. Makan Dalam Porsi Kecil

Cara menurunkan berat badan berikutnya dengan makan dari piring atau mangkuk yang lebih kecil. Selain itu mengurangi jumlah kalori yang masuk ke tubuh karena memungkinkan untuk terbiasa dengan porsi yang lebih kecil.

Sebab, makan makanan porsi kecil 4-5 kali sehari lebih baik untuk menurunkan berat badan daripada makan makanan porsi besar 3 kali sehari.

5. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Perbanyak makan buah dan sayur bersama dengan diet seimbang adalah cara yang pasti untuk menurunkan berat badan. Selain itu, mengonsumsi buah dan sayuran dapat mengurangi risiko penyakit kronis karena menyediakan nutrisi bagi tubuh. 

Namun bukan berarti harus makan lebih sedikit. Dengan mengganti buah dan sayuran rendah kalori dapat disertai dengan makanan kesukaan. Sebab, buah-buahan dan sayuran mengandung air dan serat yang memungkinkan untuk dimakan dalam jumlah yang sama dan merasa kenyang, tetapi mengonsumsi lebih sedikit kalori.

6. Batasi Gula Tambahan

Asupan gula yang berlebihan juga menyebabkan penumpukan lemak tubuh. Maka, mengonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung gula memiliki banyak resiko, seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan makanan manis, obesitas, kerusakan gigi dan penyakit lainnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network