get app
inews
Aa Read Next : Perdana di Priangan Timur, Prodi D3 Keperawatan STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Akreditasi Unggul

Raih Medali Perak Nusantara Potential Olympiad, Ryana Asyifa Salma Santri Berprestasi asal Ciamis

Selasa, 22 Oktober 2024 | 14:55 WIB
header img
Raih medali perak Nusantara Potential Olympiad, Ryana Asyifa Salma santri berprestasi asal Ciamis. Foto: Dok SMPN 3 Cipaku Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Beberapa hari lalu Ryana Asyifa Salma (13) baru saja menerima penghargaan tingkat nasional.

Pelajar kelas VIII B SMPN 3 Cipaku Ciamis tersebut meraih medali perak Nusantara Potential Olympiad. Lomba tingkat nasional yang diikuti 800 orang pelajar SMP se tanah air.

Selain bersekolah di SMPN 3 Cipaku, ternyata Ryana sehari-harinya juga santri yang mondok di Pondok Pesantren Raudatul Huda Dusun Nanggewer Desa Mekarsari Kecamatan Cipaku, Ciamis.

Baik SMPN 3 Cipaku maupun Pesantren Raudatul Huda sama-sama berada di Dusun Nanggewer Mekarsari.

"Dari 128 orang siswa/siswi SMPN 3 Cipaku, 30 orang diantaranya juga adalah santri yang mondok di Pesantren Raudatul Huda. Asuhan KH Atang," ujar Imun Munawaroh MPd, kepala SMPN 3 Cipaku kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (22/10/2024).

Selama berdirinya SMPN 3 Cipaku, menurut Imun, Ryana merupakan pelajar pertama dari SMPN 3 Cipaku yang meraih prestasi tingkat nasional.

Yakni meraih medali perak pada lomba " Nusantara Potential Olympiad " bulan September lalu.

Olimpiade yang berkaitan dengan pelajaran IPA tersebut diikuti oleh 800 pelajar SMP secara nasional. Lomba tersebut berlangsung secara daring (online).

Atas prestasi yang diraihnya, Ryana, putri dari pasangan suami-istri Solihin dan Aisyah N dari Dusun Cigaru RT 03 RW 13 Desa Mekarsari tersebut tak hanya memperoleh medali perak tetapi juga piagam penghargaan.

"Sebagai kebanggaan kami, medali dan piagam penghargaan yang diraih Ryana tersebut sempat dipajang di sekolah," jelasnya.

Kadisdik Ciamis, Dr Erwan Dermawan SSTP MSi juga berkesempatan menyampaikan ucapan selamat kepada Ryana.

Meski berasal dari keluarga sederhana, ayahnya bekerja sebagai buruh, namun Ryana sudah berprestasi sejak masih duduk di SDN 2 Mekarsari. Termasuk juga sebagai santri yang "tholabul ilmi" di Pondok Pesantren Raudatul Huda Nanggewer Desa Mekarsari.

Di SMPN 3 Cipaku, Ryana menjadi langganan juara 1 tiap akhir semester. Pernah juga ikut O2SN.

Prestasi tingkat nasional yang diraih Ryana pada Nusantara Potential Olympiad tersebut menurut Imun, ternyata telah menjadi penyemangat bagi pelajar-pelajar SMPN 3 Cipaku untuk ikut berbagai lomba. Seperti yang berlangsung bulan Oktober ini, yakni Lomba Futsal (Liga Futsal Pelajar Ciamis) dan lomba tari tingkat Ciamis.

"Apa yang sudah diraih Ryana, ternyata telah menjadi penyemangat bagi teman-temannya, siswa SMPN 3 Cipaku untuk mengikuti berbagai lomba," imbuh Imun Munawaroh MPd, Kepsek SMPN 3 Cipaku.

Meski sekolahnya berada di pelosok kampung, siswa/siswi SMPN 3 Cipaku juga ingin meraih berbagai prestasi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut