get app
inews
Aa Read Next : DMI Ciamis Nobatkan Mantan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Sebagai Tokoh Peduli Masjid

Pabrik Pembuatan Kopra di Banjaranyar Ciamis Nyaris Ludes Terbakar

Sabtu, 19 Oktober 2024 | 10:50 WIB
header img
Pabrik pembuatan kopra di Banjaranyar Ciamis nyaris ludes terbakar. Foto: Dok Pos WMK Banjarsari

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Saat puluhan petugas Damkar Ciamis dan Banjar,  BPBD, PMI, personil Polri dan TNI berjibaku memadamkan kobaran api yang melalap pabrik pengolahan kayu di Dusun Cibaregbeg, Desa Ciharalang, Cijeungjing, Ciamis, Jumat (18/10/2024) dini hari, tak disangka sebuah pabrik pembuatan kopra di Desa Langkapsari, Banjaranyar diamuk si jago merah.

Tepatnya pabrik pengolahan kelapa menjadi kopra milik Dede Oting (46) di Dusun Karangmulya RT 25 RW 06 Desa Langkapsari, Banjaranyar, Ciamis ludes dilalap amukan api, Jumat (18/10/2024) jam 02.00 WIB dini hari. Kobaran api diduga berasal dari tungku oven pengeringan kopra. Api di tungku kemudian diperkirakan menyasar tumpukan suluh (kayu bakar) dan merembet ke dinding.

"Asal api diduga dari tungku oven pengeringan kopra," ungkap Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi SH MSi kepada iNewsCiamisRaya.id, Jumat (18/10/2024).

Kobaran api pertama kali diketahui oleh pemilik pabrik kopra, Dede Oting. Korban, Jumat dini hari itu sekitar jam 01.45 WIB hendak mengecek, memeriksa kopra yang sedang dikeringkan di atas tungku. Namun mendapati api tungku yang berkobar dan semakin membesar akibat tiupan angin.

Khawatir api tersebut terus membesar melalap pabrik pembuatan kopra miliknya, korban menghubungi petugas piket Damkar Pos WMK Banjarsari.

"Petugas kami merespon cepat. Dua armada langsung meluncur ke lokasi. Sebagian dari petugas dalam kondisi masih lelah langsung ke lokasi pabrik kopra yang terbakar di Banjaranyar tersebut," ungkap Fery.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut