get app
inews
Aa Read Next : Relasih Targetkan Kemenangan 60 Persen untuk Pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie di Ciamis

Tumpukan Sampah Mulai Tampak di Bendungan Leuwikeris

Senin, 30 September 2024 | 08:46 WIB
header img
Tumpukan sampah mulai tampak di Bendungan Leuwikeris. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Hujan deras yang beberapa hari ini tidak hanya mempercepat proses penggenangan (impounding) Bendungan Leuwikeris, tetapi juga mempercepat munculnya genangan sampah terapung.

Hamparan genangan sampah terapung tersebut terlihat setidaknya di sisi jurang spot Raden Patih Dusun Guha Dèsa Handapherang Cijeungjing Ciamis.

Di tengah ramainya kunjungan wisatawan lokal di spot Raden Patih, Minggu (29/9/2024) siang WIB, di sisi-sisi genangan air Bendungan Leuwikeris yang telah diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (29/8/2024) sebulan lalu, terlihat jelas hamparan tumpukan sampah yang mengapung.

Hamparan tumpukan sampah yang memutih di sisi-sisi jurang Spot Raden Patih tersebut diduga merupakan limbah rumah tangga, limbah domestik, sampah dari pemukiman yang terbawa hanyut derasnya arus Sungai Citanduy dari arah hulu.

Mulai dari hulu Sungai Citanduy di Sindangbarang, Buana Mekar kaki Gunung Cakrabuana yang berbatasan langsung dengan Pager Agung Tasikmalaya, berikut Warungdoyong, Panumbangan, Cihaurbeuti, Sindangkasih dan dari sejumlah desa serta kelurahan Kecamatan Ciamis dan perbatasan Kota tasikmalaya/Kabupaten Tasikmalaya.

Sampah hanyut tersebut menumpuk mengambang di sisi hamparan genangan Bendungan Leuwikeris. Bila tidak ada solusi dikhawatirkan genangan sampah apung terus bertambah dan meluas. Bukan tak mungkin bisa mengancam keindahan dan daya tarik genangan Bendungan Leuwikeris.

Tak hanya sampah, sedimentasi erosi yang hanyut dari arah hulu dan sepanjang aliran Sungai Citanduy tentunya juga bakal terhimpun di areal genangan Bendungan Leuwikeris.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut