get app
inews
Aa Read Next : Rumah Aki Darman di Banjarsari Ciamis Ambruk

Viral! Desa di Ciamis Ini Punya Pemandangan Fantastis bak Negeri Dongeng

Senin, 02 September 2024 | 14:43 WIB
header img
Keindahan alam di Ciamis wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Ciamis menyimpan destinasi perbukitan yang menawan, mirip dengan negeri dongeng. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Keindahan alam di Ciamis wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Ciamis menyimpan destinasi perbukitan yang menawan, mirip dengan negeri dongeng.

Lokasinya terletak di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Siapa pun yang berkunjung pasti akan betah untuk berlama-lama di sini.

Perlu diketahui bahwa Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan Bandung dan Bogor, tetapi juga memiliki keindahan lain di timurnya. Kabupaten Ciamis, yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, menyimpan objek wisata eksotis berupa perbukitan yang mempesona.

Salah satu puncak bukit di sini adalah Puncak Bangku, yang terkenal dengan pemandangan samudera awan yang menakjubkan. Keindahan pemandangan ini mirip dengan negeri dongeng, dengan kabut awan putih yang menyelimuti perbukitan di pagi hari menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Menurut Instagram @indoflashlight, "Keindahan negeri di atas awan Puncak Bangku sangat menakjubkan. Objek wisata yang terletak di Desa Situmandala, Ciamis ini terkenal dengan samudera awannya yang mempesona. Jika cuaca mendukung, Gunung Ciremai juga dapat terlihat dari sini."

Untuk menikmati pemandangan samudera awan ini, sebaiknya datang sekitar pukul 05.00 - 09.00 WIB. Bahkan, ada yang datang sejak pukul 03.00 WIB untuk menikmati lautan awan dan keindahan matahari terbit yang memancarkan sinarnya dari balik gunung. Anda juga bisa berkemah di sini dengan biaya sekitar Rp25.000 per tenda. Fasilitas dan akses jalan cukup baik, sehingga Anda tidak perlu capek berjalan kaki karena jalan sudah bisa dilalui kendaraan.

Fenomena negeri di atas awan ini bisa Anda nikmati di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Puncak Bangku terletak di dataran tinggi dengan tebing yang menawan.

Daerah yang diselimuti kabut adalah wilayah perbatasan Ciamis-Kuningan. Dari kejauhan, puncak-puncak bukit hijau terlihat jelas. Udara di sini cukup sejuk, sangat cocok untuk menikmati segelas kopi atau susu hangat sambil menikmati pemandangan.

Aktivitas menarik lain di sini adalah berburu spot foto. Di Puncak Bangku, terdapat beberapa spot foto kekinian seperti perahu yang tampak terbang di antara lautan awan, ayunan seperti sarang burung, dan spot foto lainnya. Namun, bersabarlah saat antre untuk berfoto karena banyak pengunjung lainnya.

Untuk menuju Puncak Bangku dari pusat kota Ciamis, diperlukan waktu sekitar 40 menit dengan kendaraan. Rutenya dari Alun-Alun Ciamis menuju Baregbeg, lalu belok ke Sukadana, dan lanjutkan ke Kecamatan Rancah. Dari pertigaan Polsek Rancah, ambil jalur lurus dan ikuti petunjuk menuju Puncak Bangku. Parkir kendaraan di dekat lokasi dan saat ini belum ada tiket masuk, hanya biaya parkir yang perlu dibayar.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut