get app
inews
Aa Read Next : Tersangka Kasus Judi Online Senilai Rp356 Miliar Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

PWI Ciamis Lakukan Sosialisasikan Pilkada Serentak 2024 untuk Pemilih Pemula

Selasa, 27 Agustus 2024 | 07:01 WIB
header img
PWI Ciamis lakukan sosialisasikan Pilkada Serentak 2024 untuk pemilih pemula. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Kolaborasi antara Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Ciamis, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis, dan Kantor Cabang Dinas (KCD) XIII Disdik Jawa Barat (Jabar) sukses menyelenggarakan sosialisasi Pilkada 2024 bagi pemilih pemula.

Dengan melibatkan 54 siswa dari 27 kecamatan, sosialisasi Pilkada Serentak 2024 ini dilaksanakan di Aula SMAN 1 Ciamis pada 26 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para pemilih pemula dengan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berpartisipasi dalam Pilkada secara efektif.

Para pemilih pemula diharapkan dapat lebih memahami proses pemilihan dan peran mereka dalam demokrasi, sehingga dapat berpartisipasi secara aktif dan cerdas dalam memilih pemimpin daerah.

Tiga pembicara tampil pada kegiatan sosialisasi tersebut. Yakni Said Attanjani S.Sos, Komisioner KPU Ciamis sekaligus Kordiv Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Ciamis, Subagja Hamara (mantan Ketua PWI Ciamis) dan Widianty Katresna S.Sos MSi (Putri Kartini Indonesia/Influencer).

Komisioner KPU Ciamis Said Attanjani mengapresiasi inisiatif PWI Ciamis yang telah menggagas dan menggelar kegiatan sosialisasi untuk para pemilih pemula.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak (Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar) tanggal 27 November 2024 nanti.

KPU Ciamis menurut Said telah dan akan melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk melakukan kegiatan sosialisasi Pilkada.

"Sebelumnya kami bersama PPDI juga sudah menggelar kegiatan sosialisasi bagi kalangan penyandang disabilitas," ujar Said Attanjani, Komisioner KPU Ciamis.

Di hadapan puluhan peserta kegiatan sosialisasi di Aula SMAN 1 Ciamis, Senin (26/8/2024) berharap para peserta bisa menindaklanjuti dengan melakukan sosialisasi langsung tentang Pilkada bagi rekan-rekan sesama pemilih pemula baik di lingkungan sekolah masing- masing maupun di lingkungan sehari-hari.

"Juga bisa berkoordinasi dengan PPK di kecamatan masing-masing untuk melakukan sosialisasi tentang Pilkada," ajak Said.

Sementara itu Plt Ketua PWI Ciamis, Antika Asmara menyebutkan menghadapi Pilkada Serentak 2024 menurut data dari Disdukcapil Ciamis ada sekitar 46.000 pemilih pemula dari kalangan pelajar (Gen Z).

Dari jumlah tersebut 69 persen sudah melakukan perekaman data diri untuk pembuatan KTP-el. Saat ini masih ada sekitar 31 persen lagi yang belum melakukan perekaman data diri untuk pembuatan e-KTP.

KTP-el merupakan salah satu syarat yang harus dibawa dan diperlihatkan saat akan memberikan hak suara di TPS pada hari H Pilkada Serentak tanggal 27 November 2024 nanti.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut