get app
inews
Aa Read Next : Tertimpa Pohon Tumbang, Atap Rumah Warga di Ciamis Nyaris Ambruk

Kebakaran Terjadi lagi di Ciamis, Rumah Warga di Purwadadi Ludes Jadi Abu

Rabu, 17 Juli 2024 | 20:02 WIB
header img
Kebakaran terjadi lagi di Ciamis, rumah warga di Purwadadi ludes jadi abu. Foto: Dok Damkar Pos WMK Banjarsari

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Rumah permanen ukuran 6 x 5 meter persegi yang dihuni Supangkat (60) sekeluarga di Dusun Sukaharja RT 04 RW 01 Desa Sukamulya, Kecamatan Purwadadi, Ciamis, ludes terbakar, Rabu (17/7/2024) jam 15.30 WIB sore.

Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek aliran listrik (korsleting). Kerugian materi sekitar Rp50 juta.

Musibah  kebakaran yang menimpa rumah warga di Desa Sukamulya, Purwadadi ini merupakan peristiwa kebakaran yang ke-11 yang terjadi di Ciamis selama bulan Juli ini.

“Ini kejadian yang kesebelas selama bulan Juli sampai hari Rabu (7/7/2024) ini,” ujar Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Ferry Rochwandi kepada iNewsCiamisRaya.id, Rabu (7/7/2024).

Amuk api yang melalap rumah Supangkat di Dusun Sukaharja Desa Sukamulya Purwadadi, Rabu (17/7/2024) sore pukul 15.30  WIB tersebut pertama kali diketahui oleh Dodi Ramdani (41), Kades Sukamulya.

Rabu sore tersebut, Dodi baru saja pulang kerja, dari Balai Desa Sukamulya menuju rumahnya di Dusun Sukamulya. Saat melintasi jalan didepan rumah korban, Dodi kobaran api dari rumah warganya tersebut.

Mengetahui ada rumah warganya yang terbakar, Dodi langsung menelpon petugas Damkar yang siaga di Pos WMK Banjarsari.

“Empat orang petugas dari Pos WMK Banjarsari, yakni Icep, Bintang, Rizki dan Uju langsung menuju lokasi dengan menggunakan mobil pancar Z 9915 V,” imbuhnya.

Petugas Damkar dari Pos WMK Banjarsari bersama warga setempat, Babinsa, anggota Polsek Lakbok,  RCS, petugas PLN, kades dan aparat desa setempat, berikut petugas kecamatan, bergotong royong memadamkan api yang membakar rumah korban.

Sekitar pukul 17.10 WIB Rabu sore, petugas Damkar Pos WMK Banjarsari sudah kembali ke markas untuk melanjutkan piket siaga.

Menyusul kejadian tersebut, korban sekeluarga terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya. Rumah yang dihuni Supangkat sekeluarga ludes beserta isinya, kerugian materi mencapai Rp50 juta. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka pada kejadian tersebut.

Ferry mengimbau warga untuk selalu waspada atas ancaman kebakaran mengingat sekarang sudah memasuki musim kemarau dan jarang turun hujan.

Musibah kebakaran yang menimpa rumah warga di Desa Sukamulya Purwadadi tersebut menurut Fery merupakan peristiwa kebakaran yang ke-11 kalinya yang terjadi selama bulan Juli sampai Rabu (17/7/2024) ini.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut