get app
inews
Aa Read Next : Antara Golkar dan PDIP di Pilkada Kota Banjar 2024, PPP Pilih Mana?

5 Parpol Resmi Koalisi, Usung Herdiat-Yana Jilid 2 di Pilkada Ciamis 2024

Minggu, 09 Juni 2024 | 18:58 WIB
header img
5 Parpol resmi koalisi, usung Herdiat-Yana Jilid 2 di Pilkada Ciamis 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Lima Partai Politik (Parpol) di Ciamis masing-masing  Gerindra, Golkar, Nasdem , PAN dan PBB resmi berkoalisi untuk mengusung  pasangan Herdiat-Yana (HY) maju di Pilkada Ciamis 2024.

Deklarasi koalisi lima partai dengan kekuatan 23 kursi di DPRD Ciamis (hasil Pileg 2024) tersebut berlangsung di Rest Area Cek Point Pamalayan, Minggu (9/6/2024) sore WIB. Dihadiri ketua dan pengurus DPC Partai Gerindra Ciamis, DPD Golkar Ciamis, DPC Nasdem Ciamis, DPD PAN Ciamis dan DPC PBB Ciamis. Juga hadir pasangan bakal cabup- cawabup (incumbent) Dr H Herdiat Sunarya MM- H Yana D Putra.

“Hari ini lima partai resmi berkoalisi dengan nama koalisi Ciamis Maju untuk mengusung Cabup-Cawabup Herdiat-Yana pada Pilkada Serentak 2024,” ujar Ketua Koalisi Ciamis Maju, Pipin Arif Apilin kepada iNewsCiamisRaya.id dan wartawan lainnya usai deklarasi koalisi Ciamis Maju Minggu (9/6/2024).

Koalisi Ciamis maju yang mengusung pasangan H-Y (jilid 2) pada Pilkada Serentak 2024 tersebut menurut Pipin memiliki kekuatan 23 kursi  di DPRD Ciamis hasil Pileg 2024. Yakni PAN (7 kursi), Gerindra (6 kursi), Golkar (5 kursi), Nasdem (4 kursi) dan PBB (1 kursi).

“Jumlah kursi sudah cukup memenuhi syarat untuk mengusung calon pada Pilkada nanti. Sementara rekomendasi untuk pasangan H-Y menyusul, masih dalam proses di tingkat partai masing-masing” katanya.

Meski jumlah kursi sudah cukup dan memenuhi syarat menurut Pipin, koalisi Ciamis Maju masih membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut