get app
inews
Aa Read Next : Tersangka Kasus Judi Online Senilai Rp356 Miliar Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Ciamis Segera Gelar Kejuaraan BMX, Road Race dan Kriterium Pasca Cycling de Jabar 

Minggu, 26 Mei 2024 | 12:41 WIB
header img
Ciamis segera gelar Kejuaraan BMX, Road Race dan Kriterium pasca Cycling de Jabar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani 

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Kejuaraan Cycling de Jabar 2024 yang start di Balai Kota Cirebon, Sabtu (25/5/2024) pagi WIB dan finish di Pangandaran, menjadikan Ciamis sebagai daerah istirahat dan makan (feeding zone).

Cycling de Jabar untuk ke 3 kalinya tersebut diikuti 202 pesepeda dari berbagai daerah di tanah air berikut juga pembalap dari Selandia Baru.

Menurut Iwan Setiawan, panitia penyelenggara Cycling de Jabar, untuk tahun 2024 ini Cycling de Jabar diikuti 202 pesepeda yang dibagi 3 kategori. Kategori elit diikuti 70 pembalap prestasi dari pembalap sepeda yang sekarang mengikuti Pelatda persiapan PON dari daerah masing-masing. Berikut kategori Master A dan Master B dari kalangan penggemar balap sepeda sebagai hobi. Kategori usia 25-45 tahun (70 orang) dan di atas 45 tahun (62 orang).

“Untuk kategori elit, Cycling de Jabar, semacam uji coba jelang PON. Sedangkan untuk kategori Master,  sebagai kegiatan fun hiburan (enjoy),” ujar Iwan.

Jadi kegiatan Cycling de Jabar perpaduan balap sepeda prestasi  dan  balap sepede sebagai hiburan.

Cycling de Jabar, dua tahun sebelumnya dengan lintasan Jabar Selatan. Sementara untuk tahun 2024 ini, lintasannya Pantura-Selatan (Cirebon-Kuningan-Majalengka-Ciamis-Banjar-Pangandaran) dengan jarak tempuh 200 km. Untuk memperkenalkan potensi Jawa Barat lebih luas terutama pariwisatanya.

Dipilihnya Ciamis dalam hal ini Pendopo Negara Ciamis sebagai feeding zone (tempat pembalap istirahat, makan dan minum) karena Ciamis berada di rute dengan jarak sekitar 110 km dari Cirebon. Menurut Iwan, jarak yang pas bagi pembalap untuk singgah, mampir untuk istirahat, makan dan minum. Titik yang pas untuk memulihkan dan menambah energi sebelum menjelang finish.

Kehadiran pembalap sepeda Cycling de Jabar 2024 di Pendopo Gedung Negara Ciamis sekitar pukul 10.15 WIB Sabtu (25/5/2024) siang disambut oleh Sekda Ciamis, Dr H Andang Firman Triyadi SSTP MT, unsur Forkopimda dan Ketua KONI Ciamis, Drs H Endang Sutrisna.

Sekda Ciamis H Andang Firman Triyadi, menyebutkan kehadiran 202 pembalap sepeda peserta Cycling de Jabar yang melintas maupun mampir di Pendopo Gedung Negara Ciamis sebagai lokasi Feeding Zone, Sabtu (25/5/2024) diharapkan dapat meningkatkan minat dan animo masyarakat  Ciamis untuk balap sepeda.

“Tahun ini Ciamis sebagai feeding zone, tahun depan mudah-mudahan start Cycling de Jabar nya di Ciamis. Kehadiran Cycling de Jabar diharapkan dapat meningkatkan animo masyarakat dibidang balap sepeda.” ujar Sekda H Andang Firman Triyadi yang juga Ketua Pengcab ISSI  Ciamis tersebut.

Bagian dari pencarian bibit pembalap di Ciamis  pertengahan bulan Juni nanti, dalam rangka hari jadi Ciamis menurut Andang, ISSI Ciamis akan menggelar kejuaraan BMX, road race dan kriterium.

Kejuaraan tersebut tidak hanya menggali bibit-bibit pembalap tetapi juga bagian upaya mempertahankan prestasi juara umum cabor balap sepeda di ajang Porprov.

“Pada Porprov 2022 lalu, Ciamis juara umum cabor balap sepeda. Dengan raihan 7 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu. Itu harus dipertahankan,” tekad Andang.

Saat ini Ciamis memiliki venue balap sepeda yang memadai. Seperti sirkuit BMX race, freestyle, downhill dan jalan layak untuk roadrace serta kriterium. “Kalau velodrom memang belum ada,” ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut