get app
inews
Aa Read Next : Diterjang Hujan Badai, 2 Rumah di Sukamantri Ciamis Ambruk

Damkar Ciamis Sudah Lakukan 55 Kali Evakuasi Ular Selama Tahun 2024

Selasa, 21 Mei 2024 | 09:32 WIB
header img
Damkar Ciamis sudah lakukan 55 kali evakuasi ular selama tahun 2024. Foto: Dok Mako Damkar Satpol PP Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Selama tahun 2024 sejak Januari sampai April telah terjadi 35 kali kejadian kebakaran di Ciamis. Sebanyak 25 kejadian kebakaran tersebut berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar Satpol PP Ciamis. Kejadian kebakaran terbanyak di Kecamatan Ciamis (7 kasus kebakaran). Dengan objek yang terbakar paling banyak adalah rumah (17 kejadian), berikut kabel (2 kejadian) dan gerobak/roda jualan (2 kejadian).

Sedangkan 10 kasus kejadian kebakaran tidak ada laporan atau dilaporkan setelah dipadamkan  sehingga kedatangan petugas Damkar ke lokasi hanya melakukan investigasi.

“Selain  pemadaman kebakaran, justru yang banyak dilakukan  petugas pemadam kebakaran adalah upaya-upaya penyelamatan darurat non kebakaran,” ujar Kasatpol PP Ciamis, Uga Yogaswara SSTP MSi kepada iNewsCiamisRaya.id usai upacara peringatan  Hari Kebangkitan Nasional ke-116, Hari Satuan Polisi Pamong Praja ke 74, HUT ke-62 Linmas, HUT ke-105 Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan  di halaman Pendopo Gedung Negara Ciamis, Senin (20/5/2024).

Selama tahun 2024 ini dari Januari sampai April, setidak hanya ada 11 jenis upaya penyelamat darurat yang dilakukan petugas Damkar Satpol PP Ciamis. Terbanyak adalah evakuasi sarang tawon (160 kali), evakuasi ular (55 kali), pembersihan puing pasca bencana (30 kali), evakuasi pohon tumbang (13 lokasi), evakuasi biawak (12 kali), pendampingan evakuasi mayat (9 kali) pelepasan cincin yang menjerat jari (7 kali pertolongan), evakuasi monyet, musang dan anjing masing-masing 1 kali.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut