get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Kabar TPP ASN di Kota Banjar akan Dipotong Ramai Dibicarakan

Kamis, 16 Mei 2024 | 08:13 WIB
header img
Eksponen FPSKB saat menggelar konferensi pers menanggapi kabar pemotongan TPP ASN, Nakes dan PPPK Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Kabar terkait pemotongan tambahan penghasilan pegawai (TPP) aparatur sipil negara (ASN), tenaga kesehatan dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di Kota Banjar, Jawa Barat ramai dibicarakan.

Informasi pemotongan tersebut beredar di pesan whatsapp. Dalam kabar yang beredar menyebutkan TPP ASN bulan April akan dibayar Mei sampai bulan September dengan pemotongan 20 persen.

Kemudian disebutkan juga TPP tenaga kesehatan (Nakes) akan dipotong 25 persen dan TPP PPPK dengan masa kerja lebih satu tahun akan dipotong sebanyak 50 persen serta TPP Oktober dan November menunggu perubahan anggaran.

Wacana pemotongan TPP di Kota Banjar itu membuat berbagai pihak bereaksi, salah satunya para anggota eksponen Forum Peningkatan Status Kotif Banjar (FPSKB).

Menurut juru bicara eksponen FPSKB, Sulyanati, wacana pemotongan TPP pada ASN, Nakes dan PPP di Kota Banjar jangan sampai terjadi.

"Pemotongan TPP ini jangan sampai terjadi, eksekutif dan legislatif bisa mengupayakan hal itu tidak terjadi," katanya, Kamis (16/4/2024).

Ia mengajak semua pihak untuk mengawal wacana pemotongan ini apakah sudah menjadi regulasi atau belum. "Syukur belum terjadi. Kami harapkan kalau bisa jangan," kata dia.

"Tentu kita memahami, menyeimbangi kondisi defisit ini tidak mudah. Solusi dengan tidak meminjam itu patut dikawal dan apresiasi. Namun menutupnya dengan memotong TPP ASN bukan pilihan tepat bagi perspektif kami," sambungnya.

Sulyanati menilai trend memotong TPP menjadi hal yang umum dan itu kembali ke kebijakan daerah. Ini menyangkut hak hajat hidup perut ASN di Kota Banjar.

ASN lebih ber-etos dan berdisiplin baik jika tidak dipotong. Solusi pemotongan ini nanti akan menimbulkan persoalan.

 "Solusi kami sampaikan, TAPD saya kira lebih tahu tentang bagaimana Anatomi APBD kita. Perhitungannya apabila memotong akan banyak korban," kata Sulyanati.

Kabar Pemotongan TPP ASN Tidak Benar

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Banjar, Asep Mulyana menjelaskan bahwa terkait pemotongan TPP masih dalam kajian.

"Itu masih dalam kajian, mudah-mudahan secepatnya ada solusi pemecahannya agar formulasi penghitungannya tidak merugikan semua pihak," ujar dia.

Sekretaris Daerah Kota Banjar Soni Horison menjelaskan bahwa kabar pemotongan TPP ASN, Nakes dan PPPK itu tidak benar.

Ia mengatakan informasi yang beredar itu merupakan kabar tidak benar yang biasa muncul menjelang pemilihan kepala daerah.

"Tidak betul, biasa berita menjelang Pilkada suka diada-ada. Semoga pada sehat saudara-saudara di Kota Banjar," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut