get app
inews
Aa Read Next : Petugas Damkar Ciamis Bekuk 2 Ekor Ular King Kobra

Program Quranic Learning Center Masjid Agung Ciamis, Belajar Membaca Al-Quran dengan Baik dan Benar

Sabtu, 11 Mei 2024 | 11:00 WIB
header img
Program Quranic Learning Center Masjid Agung Ciamis, belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - DKM Masjid Agung Ciamis bekerjasama dengan Saung Quran Bunda Ciamis membuka program “Quranic Learning Center”. Memberi kesempatan bagi umat Islam untuk kalangan remaja belajar  Al Quran dengan baik dan benar sesuai aturan makhrajnya.

Kegiatan “Quranic Learning Center” ini digelar setiap Jumat dan Sabtu sore akhir pekan di lantai 1 Masjid Agung Ciamis dimulai sejak Jumat (10/5/2024) dengan peserta angkatan pertama sebanyak 29 orang. Terdiri dari 22 peserta perempuan dan 7 orang laki-laki dengan latar belakang pendidikan mulai dari SMP, SMA sederajat dan mahasiswa.

H Ainurrofiq dari DKM Masjid Agung Ciamis saat pembukaan kegiatan “Quranic Learning Center” Jumat (10/5/2024) sore menyebutkan dengan adanya program “Quranic Learning Center” ini dirancang untuk menjadikan Masjid Agung Ciamis sebagai pusat pembelajaran Al Quran.

Dan membuat libur akhir pekan setiap Jumat dan Sabtu sore lebih bermakna dengan belajar Al Quran baik bacaannya maupun pemahaman maknanya.

Dengan adanya kegiatan “Quranic Learning Center” ini menurut Ainurrofiq, kedepan Masjid Agung Ciamis akan menjadi pusat pembelajaran Al Quran.

Menurut Ketua Program “Quranic Learning Center” Masjid Agung Ciamis, Fathimatun Nada, target pesertanya adalah kalangan remaja dengan tujuan untuk memperbaiki makhraj bacaan Al Quran serta pemaknaannya dengan metoda Bilqis (Bimbingan Ilmu Al Quran Intensif).

Setiap angkatan peserta “Quranic Learning Center” punya waktu 3 bulan belajar materi tsaqofah meliputi adab, fiqih, tauhid dan Bahasa Arab setiap hari Jumat. Dan setiap hari Sabtu materi kegiatan “QLC” adalah tahsin dan tahfidz fokus pada pembentukan  karakter suara dan makhraj yang tepat .

Peserta “QLC” angkatan pertama yang dimulai Jumat (10/5/2024) sore menurut Fathimatun diikuti  29 orang peserta yang didominasi kalangan perempuan. Yakni terdiri dari 22 orang perempuan dan 7 orang laki-laki dengan latar belakang sekolah mulai dari SMP sampai Perguruan Tinggi.

Mereka akan mengikuti program “QLC” yang dibagi atas 3 tahapan atau 3 jilid. Setiap jilid peserta mendapatkan sertifikasi.

Untuk kegiatan ini DKM Masjid Agung dan Saung Quran Bunda Ciamis tidak memungut bayaran alias gratis. Tapi memberi kesempatan bagi peserta untuk berinfak sesuai dengan kemampuan masing-masing tanpa ada ketentuan nominal.

Dengan memasuki masa libur usai kegiatan perpisahan sekolah “QLC” Masjid Agung Ciamis juga membuka kesempatan untuk peserta angkatan (batch)  kedua.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut