get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Banjar 2024, 4 Parpol Bangun Koalisi Tanpa Golkar dan PDIP

Final, Golkar Ciamis Usung Calon Incumbent Herdiat Berpeluang Koalisi dengan PDIP di Pilkada 2024

Kamis, 25 April 2024 | 12:38 WIB
header img
Final, Golkar Ciamis usung calon incumbent Herdiat berpeluang koalisi dengan PDIP di Pilkada 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Bagi Golkar sudah final, hanya mengusung satu nama untuk  bakal calon bupati pada Pilkada Ciamis 2024 (Pilkada Serentak Nasional) nanti. Yakni Bacalon incumbent, Dr H Herdiat Sunarya.

Untuk itu DPD Partai Golkar Ciamis tidak membuat jadwal penjaringan bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati.

“Sudah final, sudah menjadi keputusan DPD dan DPP (Golkar). Golkar sudah putuskan mengusung Pak Herdiat (mantan Bupati Ciamis periode 2019-2024, Dr H Herdiat Sunarya) untuk posisi C-1 (calon bupati),” ujar Ketua DPD Partai Golkar Ciamis, H Trian Slamet Triana ST yang didampingi Sekretaris DPD Partai Golkar Ciamis H Baim Setiawan S.Ag usai menerima kunjungan silaturahmi Ketua DPC PDIP Ciamis H Nanang Permana SH MH dan jajarannya di Sekretariat DPD Partai Golkar Ciamis, Rabu (24/4/2024) sore.

Meski sudah final mengusung nama H Herdiat Sunarya untuk Pilkada Serentak 2024 nanti, sesuai dengan ketentuan  perundang-undang Golkar harus berkoalisi dengan parpol lainnya.

“Jumlah raihan kursi Golkar tidak cukup untuk mengusung calon sendiri. Tetap dan harus berkoalisi,” katanya.

Termasuk berkoalisi dengan PDIP. Koalisi dengan PDIP cukup terbuka. Menurut Trian, dua Pilkada terakhir Golkar selalu berkoalisi dengan PDIP.

Pada Pilkada 2013, Golkar berkoalisi dengan PDIP dan PPP mengusung pasangan Sajiwa (Iing Syam Arifin dan Jeje Wiradinata). Pasangan Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata terpilih jadi Bupati dan Wakil Bupati Ciamis periode 2014-2019.

Kemudian pada Pilkada 2018, Golkar kembali berkoalisi dengan PDIP dan PPP berikut Hanura serta PKB  mengusung pasangan Idola (Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin). Namun pasangan Idola kalah. Pasangan HY (Herdiat Sunarya-Yana D Putra) yang diusung Gerindra, PAN, PKS, Nasdem, Demokrat, dan PBB. Pasangan HY yang diusung 6 parpol tersebut terpilih jadi Bupati-Wabup Ciamis periode 2019-2024.

Menariknya, menjelang Pilkada Serentak 2024, Golkar Ciamis justru mengusung calon incumbent, H Herdiat Sunarya  untuk  posisi calon bupati.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut