get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Banjar 2024, Teka-teki PDIP Mencari Pendamping Nana Suryana

Manuver 5 Parpol di Ciamis Bentuk Koalisi Besar Jelang Pilkada 2024

Rabu, 24 April 2024 | 21:04 WIB
header img
Manuver 5 Parpol di Ciamis bentuk koalisi besar jelang Pilkada 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

"Dalam pertemuan PDIP dengan Demokrat kami membahas banyak hal termasuk soal pembentukan koalisi besar, tidak menutup kemungkinan hal itu akan terjadi dan kami menargetkan untuk pembahasan ini dilanjutkan pada awal Mei nanti sekaligus deklarasi koalisi besar," katanya.

PDIP sendiri mengatakan pihaknya sudah pasti akan maju dan mengusung ketua partainya menjadi Calon Bupati Ciamis 2024-2029.

"Kami PDIP sudah pasti akan maju Pilkada, dan kami sangat siap dengan siapapun kami bersaing termasuk dengan petahana sekarang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra, Pipin Arif Apilin mengatakan hal serupa, dimana pihaknya pun siap untuk membuka peluang membentuk koalisi besar.

"Kami hingga saat ini memang masih menunggu arahan dari DPP untuk memunculkan sosok figur yang akan diusung oleh Gerindra," katanya.

Sejauh ini, Partai Gerindra akan lebih memprioritaskan dulu para kader internal untuk maju Pilkada 2024. Namun jauh dari itu pihaknya juga sekarang akan lebih dulu membahas soal koalisi.

"Barusan kami kedatangan partner kami Partai Demokrat, dan dalam pertemuan itu kami membahas soal koalisi. Sinyal mereka mengajak berkoalisi ada dan kami pun tidak menutup kemungkinan untuk berkoalisi dengan Demokrat," kata dia.

Partai Demokrat sejauh ini memiliki ikatan yang cukup baik dengan Gerindra dimana saat kemarin Pilpres pun bersama-sama memenangkan pasangan nomor urut dua Prabowo-Gibran.

"Jadi sekarang pun kami berharap Demokrat dan Gerindra bisa bersama dalam Pilkada 2024," tuturnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pertemuan antar partai politik di Kabupaten Ciamis juga dilanjutkan oleh Demokrat dengan PKS dan PPP.

Pada pertemuan tersebut, PKS dan PPP pun seirama atau membuka peluang untuk membentuk koalisi besar. Adapun pembahasan koalisi besar itu akan segera dibahas kembali dalam waktu dekat sekaligus mendeklarasi koalisi besar.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut