get app
inews
Aa Read Next : Pilkada Kota Banjar 2024, 4 Parpol Bangun Koalisi Tanpa Golkar dan PDIP

Manuver 5 Parpol di Ciamis Bentuk Koalisi Besar Jelang Pilkada 2024

Rabu, 24 April 2024 | 21:04 WIB
header img
Manuver 5 Parpol di Ciamis bentuk koalisi besar jelang Pilkada 2024. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Sejumlah partai politik (Parpol) di Kabupaten Ciamis sudah mulai melakukan manuver dalam menghadapi pilkada 2024 mendatang.

Setidaknya, lima parpol menyatakan siap membuka peluang membentuk koalisi besar pada Pilkada Ciamis 2024.

Ke lima parpol tersebut adalah PDIP, Partai Demokrat, Gerindra, Partai Kesejahteraan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar).

"Hari ini kita didatangi oleh PDPI dan mendatangi DPC Partai Gerindra," kata Wakil Ketua 1 DPD Partai Demokrat Jabar Sofwan Ismail, Rabu (24/4/2024).

Sebelumnya, Sofwan mengatakan Partai Demokrat telah mendatangi dua partai politik yaitu PKS dan PPP.

"Tujuan kita melakukan pertemuan itu pertama silaturahmi. Keduanya penjajakan kerjasama politik guna menghadapi Pilkada 2024 nanti di Ciamis," kata dia.

"Alhamdulillah dari pertemuan tersebut menghasilkan respon positif dimana keempat parpol ini membuka peluang untuk bersama-sama membentuk koalisi besar," sambungnya.

Rencana pembentukan koalisi besar ini bertujuan untuk menjadikan kembali kondisi politik Ciamis yang dinamis, tidak statis.

"Dirasakan bersama saat ini kondisi politik di Ciamis sangat statis, padahal Ciamis itu dari dulu selalu dinamis," ujarnya.

Sehingga, dengan langkah-langkah menjalin komunikasi yang dilakukan saat ini, Partai Demokrat sedang berupaya dengan parpol yang sepemahaman untuk menjadikan Ciamis dinamis lagi.

"Kita Demokrat khususnya akan bersilaturahmi dengan semua parpol lalu nanti akan mengundang semua yang sepemahaman untuk kumpul dan membicarakan pembentukan koalisi besar," kata Sofwan.

Senada dengan Partai Demokrat, Bendahara DPC PDIP Kabupaten Ciamis, Oih Burhanuddin mengatakan siap untuk menjadikan Ciamis menjadi dinamis lagi.

Peluang pertemuannya hari ini sangat besar untuk membentuk koalisi besar, terlebih partainya sudah memantapkan diri untuk mengusung kader terbaiknya di Pilkada 2024 yaitu Nanang Permana.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut