get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Sejarah dan Asal Usul Kota Banjar yang Dijuluki Gerbangnya Jawa Barat

Jum'at, 29 Maret 2024 | 12:18 WIB
header img
Sejarah dan asal usul Kota Banjar yang dijuluki Gerbangnya Jawa Barat. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Sejarah dan asal usul Kota Banjar yang dijuluki sebagai gerbangnya Jawa Barat menarik untuk diulas. Lantas, bagaimana sebutan itu disematkan pada Banjar Patroman?

Kota Banjar terletak di bagian paling timur Provinsi Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.

Keberadaan Kota Banjar di perbatasan Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadikannya sebagai gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat. Sebagai gerbang utama Jawa Barat, Kota Banjar menjadi salah satu titik awal yang penting bagi para traveler untuk memulai perjalanan mereka dalam menjelajahi seluruh wilayah Jawa Barat.

Keberadaan Kota Banjar sebagai gerbang utama Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memberikan akses yang lebih mudah bagi wisatawan untuk menjelajahi kedua wilayah tersebut.

Lokasi strategis Kota Banjar di bagian selatan Pulau Jawa membuatnya menjadi pintu perlintasan yang penting bagi arus keluar masuk barang atau manusia di wilayah tersebut.

Batas wilayah Kota Banjar meliputi Kecamatan Cisaga di Kabupaten Ciamis dan Kecamatan Dayeuhluhur di Kabupaten Cilacap pada bagian utara. Sementara itu, pada bagian timur, Kota Banjar berbatasan langsung dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Selanjutnya bagian barat, Kota Banjar berbatasan dengan Kecamatan Cimaragas dan Kecamatan Cijeungjing di Kabupaten Ciamis. Sedangkan bagian selatan, Kota Banjar berbatasan dengan Kecamatan Lakbok dan Kecamatan Pamarican di Kabupaten Ciamis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut