get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Kota Banjar

5 Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa

Senin, 11 Maret 2024 | 15:55 WIB
header img
Manfaat mengonsumsi kurma saat berbuka puasa. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Saat berbuka puasa, banyak makanan lezat yang dapat disantap untuk mengisi perut setelah seharian menahan lapar dan haus. Namun, sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW, seluruh umat Muslim dianjurkan berbuka puasa dengan mengonsumsi kurma lebih dulu.

“Kurma adalah salah satu makanan favorit dan paling diinginkan Nabi Muhammad. Sudah menjadi kebiasaan di banyak negara bagi umat Islam untuk berbuka puasa pada saat buka puasa dengan mengonsumsi kurma karena (dianggap sebagai) praktik yang diberkati berdasarkan (contoh) Nabi Muhammad," ujar manajer diet, Dr Nisar Ahmed Bathoolunnisa, dilansir dari Sheikh Shakhbout Medical City (SSMC).

Buah dengan warna cokelat ini selain memiliki cita rasa manis yang lezat juga memiliki nilai gizi yang tinggi dan mengandung gula alami yang dapat membantu mengembalikan kadar gula darah yang rendah setelah seharian berpuasa. Selain itu, kurma juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, mengutip dariDaily Sabah, dari aspek nutrisi dan praktik agama, terdapat beberapa keuntungan tambahan dari mengonsumsi kurma saat berbuka puasa.

Manfaat Mengonsumsi Kurma saat Berbuka Puasa

1. Baik untuk Hati

Kurma memang dikenal sebagai sumber kalium yang sangat baik. Kalium adalah mineral esensial yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kalium terlibat dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan tekanan darah kita.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet yang kaya akan kalium dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan, termasuk menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan kardiovaskular, dan mengurangi risiko stroke.

2. Membantu Merasa Kenyang

Kurma merupakan buah-buahan yang kaya akan serat makanan yang larut, terutama pektin. Pektin adalah jenis serat makanan larut yang ditemukan dalam berbagai buah-buahan dan sayuran. Sebagian besar serat pektin terdapat pada kulit buah, dan kurma biasanya dikonsumsi dengan kulitnya.

Jadi bagaimana ini memperpanjang rasa kenyang? Nah, serat-serat ini yang menarik air dan meningkatkan fluiditas isi perut, sehingga memperpanjang waktu yang dihabiskannya di perut dan memberikan perasaan kenyang.

Dengan memasukkan makanan tinggi serat seperti kurma dalam buka puasa dan sahur, Anda akan memiliki kontrol yang lebih besar atas nafsu makan Anda dan menjadi lebih kenyang lebih lama.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut