get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Pemilu 2024, Ratusan TPS di Kota Banjar Berlokasi di Daerah Rawan Bencana

Jum'at, 19 Januari 2024 | 09:11 WIB
header img
Pemilu 2024, ratusan TPS di Kota Banjar berlokasi di daerah rawan bencana. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar mencatat ada ratusan tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 berlokasi di daerah rawan bencana alam.

"Di Banjar itu ada 611 TPS, dan hampir semua TPS berada di lokasi rawan bencana alam," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar, Kusnadi melalui sekretarisnya, Asep Setiadi pada iNewsCiamisRaya.id, Kamis (18/1/2024).

Asep menyebutkan pernyataan tersebut berdasarkan pengalaman atau sejarah pada pemilihan umum tahun 2019 lalu.

Dimana hampir semua TPS di Kota Banjar itu berada di lokasi yang rentan terjadi angin puting beliung, hujan dan lainnya.

Kemudian, dilihat dari portal hasil kajian risiko atau InaRISK Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) lokasi-lokasi TPS ini hampir semuanya masuk ke wilayah tinggi cuaca ekstrem.

"Belum lagi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa puncak musim hujan itu akan terjadi pada Februari 2024 mendatang tepat di bulan pelaksanaan Pemilu," kata dia.

Meski demikian, BPBD dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar sudah melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi agar pelaksanaan pemilu tetap berjalan lancar.

"Pertama membuat dokumen rencana kontijensi cuaca ekstrem sebagai panduan yang dipegang baik BPBD atau KPU," ucapnya.

Selanjutnya, Asep mengatakan BPBD dan KPU menyiapkan langkah-langkah yang perlu dilakukan bila cuaca ekstrim itu terjadi baik saat pendistribusian surat suara atau ketika pelaksanaan.

"Kita akan membuat pos dan melakukan patroli, terutama pas tahapan siaga," kata Asep.

Ia juga akan memberikan himbauan kepada masyarakat dan panitia penyelenggara Pemilu 2024 untuk menyediakan tempat alternatif di dekat TPS.

"Lalu di setiap TPS juga harus disediakan peralatan penerangan, untuk mengantisipasi pelaksanaan selesai hingga malam hari," ucapnya.

Diberitakan iNewsCiamisRaya.id sebelumnya, KPU Kota Banjar terus meningkatkan berbagai persiapan menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, salah satunya kewaspadaan terhadap bencana alam.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut