get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Kodim 0613 Ajak Masyarakat Hidupkan Kembali Budaya Gotong Royong di Kota Banjar

Selasa, 16 Januari 2024 | 12:52 WIB
header img
Kodim 0613 ajak masyarakat hidupkan kembali budaya gotong royong di Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengajak masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat kembali menghidupkan budaya gotong royong dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

Menurutnya, kondisi budaya gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan saat ini sudah mulai lemah. Kodim 0613 Ciamis ingin kembali menghidupkan lagi budaya yang sudah melekat di Indonesia sejak dulu.

Diketahui bersama, masyarakat Indonesia tak terkecuali di wilayah Tatar Sunda termasuk Kota Banjar itu dikenal dengan budaya gotong royong dan sangat peduli terhadap lingkungan.

"Saat ini kepedulian kita terhadap lingkungan dan budaya gotong royong kita sudah tergerus dengan zaman dan kesibukan setiap orang," katanya saat memberikan sambutan pada kegiatan penanaman pohon dan bersih-bersih sungai di Kota Banjar, Selasa (16/1/2023).

Wahyu mengatakan lemahnya kepedulian dan antusias terhadap budaya tersebut harus dihidupkan kembali. Sehingga dengan digelarnya kegiatan ini dijadikan pemicu untuk semuanya untuk bisa hidup bergotong royong kembali serta peduli kepada lingkungan.

"Kita harus mengawalinya lagi, kita harus memulainya kembali. Karena lingkungan itu berdampak positif untuk kehidupan warga," kata dia.

Salah satu dampak positif dari menjaga lingkungan yaitu mengantisipasi terjadinya kerusakan atau bencana alam.

"Kerusakan di lingkungan baik di darat maupun laut itu berasal dari prilaku manusia itu sendiri karena kita tidak peduli terhadap lingkungan," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut