get app
inews
Aa Read Next : Selain Diabetes, Ini Dampak Duduk Terlalu Lama saat Bekerja Bagi Kesehatan

5 Olahraga yang Bisa Memperpanjang Umur, Nomor 4 Dapat Melawan Depresi dan Kecemasan

Senin, 25 Desember 2023 | 14:12 WIB
header img
Olahraga yang bisa memperpanjang umur. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idOlahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Orang yang aktif berolahraga cenderung memiliki kualitas tubuh yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif atau memiliki gaya hidup yang kurang bergerak. Aktivitas fisik teratur tidak hanya berdampak positif pada kesehatan fisik, tetapi juga pada kesehatan mental seseorang.

Olahraga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Selain membantu menjaga bentuk tubuh yang ideal, olahraga juga dapat membantu dalam mencegah berbagai macam penyakit kronis seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Dengan kata lain, Orang yang berolahraga secara teratur cenderung memiliki umur yang lebih panjang dan kualitas hidup yang lebih baik karena tubuh mereka lebih kuat dan lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

Lalu, olahraga apa saja yang bisa memperpanjang umur? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 jenis olahraga yang bisa memperpanjang umur.

Olahraga yang Bisa Memperpanjang Umur

1. Bersepeda

Apakah Anda hobi bersepeda? Jika iya, teruslah menjaga hobi bersepeda Anda! Karena bersepeda selain olahraga yang menyenangkan dan bermanfaat bagi kesehatan juga termasuk olahraga yang bisa memperpanjang umur.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat memperpanjang umur, dan bersepeda adalah pilihan yang sangat baik karena kurangnya beban dapat mengurangi berat badan.

Para ilmuwan di Universitas Glasgow ingin menyelidiki hubungan antara metode perjalanan dan insiden penyakit kardiovaskular (CVD), kanker, dan semua penyebab kematian. Pada akhir penelitian, 2.430 peserta telah meninggal dan rinciannya menunjukkan bahwa pengendara sepeda memiliki kemungkinan paling kecil untuk meninggal.

2. Tennis

Bermain tennis dapat memberikan harapan hidup lebih lama hingga 9,7 tahun hal itu diungkapkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh National Library of Medicine (NLM).

Menurut sebuah studi epidemiologi baru terhadap pria dan wanita Denmark, menemukan bahwa orang dewasa yang sering berpartisipasi dalam tenis dan olahraga tim lainnya hidup lebih lama dibandingkan orang yang tidak banyak bergerak.

Menurut New York Times, mereka yang bermain tennis juga hidup lebih lama dibandingkan orang yang melakukan aktivitas sehat namun sering menyendiri seperti jogging, berenang, dan bersepeda.

3. Bulu Tangkis

Sama seperti tennis, olahraga ini juga disebut bisa memperpanjang usia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin bermain bulutangkis dapat berharap untuk hidup 6 tahun lebih lama.

Hal ini dibandingkan dengan orang-orang yang cenderung tidak aktif bergerak. Meski tidak terjamin akan panjang umur, namun peluang kesehatan Anda meningkat jika Anda bermain bulutangkis secara teratur.

4. Berenang

Satu lagi olahraga yang dapat memperpanjang usia ialah berenang. Melansir Time, perenang memiliki risiko kematian 28% lebih rendah.

Berenang dapat memberikan efek positif pada sistem tubuh. Selain itu, berenang juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Saat Anda berenang, tubuh Anda melepaskan endorfin yang memicu kebahagiaan. Berenang secara teratur dapat melawan depresi dan kecemasan serta menghilangkan stres dalam kehidupan sehari-hari.

5. Sepak Bola

Selanjutnya ada olahraga sepak bola. Dilansir Bussines Insider, orang-orang yang bermain sepak bola tidak menunjukkan penurunan risiko kematian yang signifikan secara statistik. Selain itu, sepak bola meningkatkan kebugaran dan fungsi kardiovaskular.

Para peneliti mengatakan bahwa data mereka menunjukkan orang yang melakukan olahraga apa pun memiliki kemungkinan 28% lebih kecil untuk meninggal dibandingkan mereka yang tidak.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "5 Olahraga yang Dapat Memperpanjang Usia, Salah Satunya Renang"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut