get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS: TKW Asal Kota Banjar Ditemukan Meninggal Dunia di Malaysia

Tak Punya Biaya Pemulangan Jenazah ke Tanah Air, TKW Asal Banjar Terpaksa Dimakamkan di Malaysia

Kamis, 23 November 2023 | 21:06 WIB
header img
Tak punya biaya, TKW asal Kota Banjar terpaksa dimakamkan di Malaysia. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Kota Banjar, Jawa Barat meninggal dunia di Syah Alam, Selangor, Malaysia pada (21/11) lalu.

Jasad TKW tersebut dimakamkan di negara jiran karena keluarganya di Kota Banjar tidak punya biaya untuk memulangkannya.

TKW tersebut bernama Ida Widianingsih (43) warga Dusun Randegan, Desa Raharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat.

Kepergian Ida awalnya diduga tak wajar karena kondisi jenazah saat ditemukan terlihat janggal dimana badannya terlentang dan kedua tangannya terangkat.

"Tapi berdasarkan hasil visum yang dilakukan tim medis di Malaysia hasilnya itu menyatakan bahwa Ida meninggal dunia karena sakit lambung," kata Kepala Disnaker Kota Banjar, Sunarto melalui Kepala Bidang Penempatan Perluasan dan Produktivitas Tenaga Kerja, Ninding, Kamis (23/11/2023).

Untuk dugaan sebelumnya yang menyatakan bahwa Ida meninggal tidak wajar mungkin karena keluarga melihat foto yang dikirim majikannya.

Ninding mengatakan pihaknya tadi telah mengunjungi keluarga korban untuk koordinasi terkait proses pemulangan jenazah ke Tanah Air.

Pihaknya pun sebelumnya telah berkoordinasi dengan pihak BP2Mi Provinsi dan konsultan.

Hasil koordinasi ada dua langkah alternatif yang bisa ditempuh untuk memulangkan korban baik dengan cara biaya atau tanpa syarat.

"Pihak Baznas pun siap membantu, hanya tidak full, sehingga masih membutuhkan biaya untuk memulangkan korban dari Malaysia," kata dia.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut