get app
inews
Aa Read Next : Harta Kekayaan Firli Bahuri Tersangka Kasus Dugaan Pemerasan SYL, Ternyata Juragan Tanah di Bekasi

Profil dan Rekam Jejak Politik Syahrul Yasin Limpo yang Dikabarkan Jadi Tersangka Korupsi

Sabtu, 30 September 2023 | 17:45 WIB
header img
Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Foto: Okezone

JAKARTA, iNewsTasikmalaya.id - Profil dan rekam jejak Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024, menarik untuk dibahas.

Pasalnya, mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam kasus dugaan saweran pejabat di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan).

Profil Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo lahir pada 16 Maret 1955 dan merupakan anak kedua dari pasangan Muh. Yasin Limpo dan Nurhayati Yasin Limpo. Pada tanggal 23 Oktober 2019, ia ditunjuk sebagai Menteri Pertanian dalam Kabinet Indonesia Maju untuk periode 2019-2024.

Berdasarkan laman resmi Provinsi Sulawesi Selatan, riwayat pendidikan Syahrul Yasin Limpo dimulai di SD Negeri Mangkura Makassar. Setelah lulus pada tahun 1967, ia melanjutkan pendidikannya di SMP Negeri 6 Makassar hingga tahun 1970. Setelah itu, ia melanjutkan ke SMA Katolik Cendrawasih Makassar.

Setelah lulus SMA pada tahun 1973, Syahrul Yasin Limpo melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Dia berhasil memperoleh gelar sarjana Hukum pada tahun 1983 dari Universitas Hasanuddin.

Setelah memperoleh gelar sarjana Hukum, pria asal Makassar ini melanjutkan pendidikannya dengan mengambil pendidikan master di Pasca Sarjana LAN (Lembaga Administrasi Negara) pada tahun 1999. Kemudian, pada tahun 2008, ia berhasil meraih gelar doktor di kampus yang sama.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia memiliki pengalaman kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1980. Selain itu, pada tahun 1982, ia juga pernah menjabat Kepala Seksi Tata Kota.

Rekam Jejak Politik Syahrul Yasin Limpo

Setelah tergabung sebagai kader Partai Golongan Karya (Golkar), Syahrul Yasin Limpo memulai karir politiknya. Ia menunjukkan dedikasinya terhadap partai dengan menjabat sebagai Sekretaris DPP Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel) dari tahun 2004 hingga 2008.

Selama dua periode dari tahun 1994 hingga 2002 Syahrul menjabat sebagai Bupati Kabupaten Gowa, ia kemudian memenangkan Pilkada dan menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dari tahun 2003 hingga 2008.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut