get app
inews
Aa Read Next : SMPN 3 Kota Banjar Ajarkan Siswa Atasi Masalah Lingkungan Mulai dari Sekolah

Wujudkan Sekolah Adiwiyata, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis Percantik Lingkungan

Selasa, 04 April 2023 | 19:40 WIB
header img
Wujudkan Sekolah Adiwiyata, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis Percantik Lingkungan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Guna mewujudkan Sekolah Adiwiyata, para guru beserta siswa MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis, terus melakukan penataan dan pemeliharaan tanaman di lingkungan sekolah, Selasa (04/04/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempercantik dan memperindah lingkungan sekolah. Hal itu sekaligus merupakan bentuk sikap cinta terhadap lingkungan, diwujudkan dalam sikap dan perilaku sehari-hari, baik di sekolah, rumah maupun lingkungan tempat tinggalnya. Keberadaan taman ini, murid dan guru diharapkan bisa lebih merasa nyaman selama proses belajar dan mengajar.

Kepala MTs Al-Fadliliyah Darussalam Dr. H Fadlil Yani Ainusyamsi mengatakan, program pembentukan sikap peserta didik dan warga sekolah terhadap lingkungan di sekolah melalui Sekolah Adiwiyata, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis sejak tahun 2022 telah mengajukan calon Sekolah Adiwiyata ke Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis.

"Mengajukan calon Sekolah Adiwiyata ini baru untuk tahap Kabupaten Ciamis. Jika saja lolos dari tingkat Kabupaten, selanjutnya akan mengikuti tingkat Provinsi dan seterusnya. Ini merupakan program yang benar-benar mendidik peserta didik untuk mencintai lingkungan," kata Dr. H Fadlil Yani Ainusyamsi.

Menurutnya, semenjak mencalonkan Adiwiyata, pihaknya bersama jajaran warga sekolah melakukan berbagai persiapan mulai sosialisasi di lingkungan sekolah hingga menjadikan kurikulum berbasis lingkungan yang memperhatikan aspek-aspek lingkungan serta mengintegrasikan materi lingkungan.

"Selain itu, kami juga mempersiapkan Bank Sampah yang berfungsi untuk mengelola dan memilah barang bekas yang layak digunakan kembali, dibuang, atau dimanfaatkan untuk kerajinan lainnya dengan memberdayakan kreativitas siswa," ujarnya.

Ia menuturkan, MTs Al-Fadliliyah Darussalam ini ada di lingkungan pondok pesantren yang tidak hanya para santrinya anak-anak MTs, melainkan ada santri MAN, dan SMA Plus, dengan demikian, hal tersebut menjadi tantangan sendiri untuk bisa memberikan edukasi bahwa menjaga lingkungan salah satunya adalah masalah sampah menjadi masalah yang paling serius.

"Sampah terutama plastik ini harus segera ditangani secara khusus, karena setiap jajanan plastik selalu ada. Kedepan kami mempersiapkan rencana bahwa anak-anak tidak lagi menggunakan alas atau tempat makanan yang sekali pakai, tetapi anak memiliki sendiri tempat makan dan minum seperti misting tumbler," tuturnya.

Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, MTs Al-Fadliliyah Darussalam Ciamis berkomitmen untuk menciptakan lingkungan sekolah yang asri, hijau dan nyaman untuk ditempati sehingga akan menjadikan kenyamanan dan keindahan serta memberikan nilai edukatif bagi para peserta didik.

"Semua pihak tentunya berkeinginan baik itu makanan dan minuman yang sehat dan tidak mengganggu terhadap keseimbangan alam. Alam kita jaga In Syaa Allah alam akan menjaga kita. Oleh karenanya dukungan semua pihak tentunya sangat diperlukan guna program Adiwiyata di MTs Al-Fadliliyah Darussalam ini berjalan sesuai dengan rencana yang diprogramkan," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut