get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Imsakiyah dan Adzan Magrib Kota Banjar, Selasa 9 April 2024/ 29 Ramadhan 1445 H

Kapan Malam Nuzulul Quran Ramadhan 2023? Cek Tanggal Lengkap dengan Amalannya

Sabtu, 01 April 2023 | 07:41 WIB
header img
Kapan Malam Nuzulul Quran Ramadhan 2023?. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada peristiwa penting pada saat bulan suci Ramadhan yang dinantikan umat muslim, yakni  malam Nuzulul Quran. Lantas, kapan malam Nuzulul Quran Ramadhan 2023?

Nuzulul Quran merupakan salah satu peristiwa yang bersejarah bagi umat muslim, dimana pada malam Nuzulul Quran, Al Quran diturunkan sebagai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril pada malam ke-17 Ramadhan.

Kali ini, malam ke-17 Ramadhan atau dikenal Nuzulul Quran jatuh bertepatan pada Sabtu 8 April 2023. Ketetapan tersebut diambil berdasarkan dari sidang isbat yang dilakukan pemerintah mengenai 1 Ramadhan 1444 H di mana dimulai pada Kamis 23 Maret 2023.

Malam Nuzulul Quran di bulan ramadhan adalah bulan khusus untuk Al-Qur’an karena Al-Qur’an turun ketika itu. Allah Ta’ala berfirman “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an.” (QS. Al-Baqarah [2]:185). 

Ibnu ‘Abbas berkata bahwa Al-Qur’an itu turun sekali sekaligus di Lauhul Mahfuzh di Baitul ‘Izzah pada malam Lailatul Qadar. Malam Nuzulul Quran juga bertepatan dengan malam Lailatul Qadar. Di mana pertama kali Allah menurunkan ayat dalam Al Quran yaitu surah Al-Alaq 1-5 kepada Rasulullah.

Di malam Nuzulul Quran terdapat beberapa keistimewaan yang bisa diperoleh oleh umat muslim. Salah satunya mendapatkan pahala dan kemuliaan yang berlimpah. Serta hikmah membaca Alquran di malam Nuzulul Quran adalah mendapatkan pahala serta syafaatnya di hari kiamat.

Dari Abu Umamah Al Bahili ra, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Bacalah Alquran. Sesungguhnya Alquran kelak akan datang pada Hari Kiamat untuk memberikan Syafa’at kepada penganutnya.” (Hadist Riwayat Muslim).

Lalu dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi Muhammad SAW bersabda: "Barangsiapa yang membaca satu huruf dalam Kitabullah (Al-Qur’an) maka ia akan memperoleh 1 kebaikan. Satu kebaikan itu nantinya akan dibalas dengan 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim Satu Huruf, tetapi alif Satu Huruf, Lam satu huruf dan mim satu huruf". (Hadist Riwayat Tirmidzi dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani). 

Amalan Malam Nuzulul Quran

1. Membaca Alquran

Amalan malam Nuzulul Quran pertama yang bisa dilakukan oleh umat muslim yaitu dengan membaca Alquran. Dengan membaca Alquran di malam Nuzulul Quran kita akan dilimpahkan pahala dan rahmat oleh Allah SWT.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut