get app
inews
Aa Read Next : Konser Dewa 19 All Stars Bakal Guncang GBK Senayan, Akan Suguhkan 36 Lagu

Deretan Band Terkenal Era 2000-an, Lagunya Masih Tetap Enak Didengar hingga Kini

Selasa, 14 Maret 2023 | 16:06 WIB
header img
Band Terkenal Era 2000-an. Foto: Instagram

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Pada era 2000-an, banyak sekali bermunculan musisi maupun band dengan lagu-lagu mereka yang nge-hits saat itu. Tak dipungkiri, karya band terkenal era 2000-an ini hingga kini masih enak didengarkan bahkan oleh anak-anak milenial.

Meskipun ada beberapa band yang personilnya sudah tak komplit, atau bahkan ada yang diganti, tetapi lagu karya mereka masih melekat di hati pecinta musik tanah air. Misalnya saja Dewa 19, karyanya semakin melejit hingga era 2000-an padahal band ini sudah terbentuk sejak era 1990-an.

Ada juga beberapa band populer era 2000-an lainnya, selain Dewa 19, yang juga layak masuk dalam daftar kenangan Anda. Siapa saja band terkenal era 2000-an tersebut?  Berikut band terkenal era 2000-an yang dirangkum iNews.id, Kamis (16/12/2021).

Band Terkenal Era 2000-an

1. Padi


Padi band terkenal era 2000-an. Foto: Instagram
 

Yang pertama, band terkenal era 2000-an adalah Padi. Band ini kini berganti nama menjadi Padi Reborn. Anggotanya terdiri dari Ari Tri Sosianto (gitar, backing vocal), Andi Fadly Arifuddin (vokal), Surendro Prasetyo atau Yoyo (drum), Rindra Risyanto Noor (bass), dan Satriyo Yudi Wahono atau Piyu (gitar, backing vocal). Grup musik ini memulai debut mereka di dunia musik Indonesia pada penghujung 1990-an melalui singel Sobat dalam album kompilasi Indie Ten.

Lagu-lagu Padi Reborn yang paling populer di antaranya Kasih Tak Sampai, Semua Tak Sama, Sobat, Menanti Sebuah Jawaban, hingga Harmony.

2. Sheila on 7


Sheila on 7 band terkenal era 2000-an. Foto: Instagram
 

Selanjutnya, Sheila on 7 salah satu band terkenal era 2000-an. Band legendaris satu ini, hampir semua lagunya digemari oleh para pecinta musik. Lirik dan musiknya yang terdengar sederhana, namun memiliki banyak makna Sheila on 7 menjadi band yang kini masih populer seakan tak lekang oleh perubahan zaman. Terbentuk sejak 6 Mei 1996 di Yogyakarta, mulanya band ini adalah sekumpulan anak sekolah, yaitu personilnya seperti Duta, Eross, Adam, Sakti, dan Anton. Namun Sakti dan Anton harus pamit, dan akhirnya digantikan oleh Brian sebagai drummer.

3. Peterpan


Peterpan band terkenal era 2000-an. Foto: Instagram
 

Peterpan juga termasuk dalam deretan band terkenal era 2000-an. Nama band Peterpan tentunya sudah melekat di hati para pecinta musik Tanah Air. Band asal Bandung, Jawa Barat yang dibentuk pada 2000 ini personilnya terdiri dari Ariel (vokal, gitar akustik, tamborin), Andika (kibor), Indra (gitar bas), Lukman (gitar utama), Reza (drum, perkusi) dan Uki (gitar ritme).

Beberapa lagu Peterpan yang paling hits yaitu seperti Ada Apa Denganmu, Yang Terdalam, Menghapus Jejakmu, Walau Habis Terang hingga Separuh Aku. Namun sayangnya satu persatu anggota personel Peterpan ini harus hengkang. Untuk itu namanya pun berganti menjadi Noah, yaitu terdiri dari Ariel, Lukman, dan David.

4. Ada Band


Ada Band band terkenal era 2000-an. Foto: Instagram
 
 
Kemudian band terkenal era 2000-an yaitu Ada Band. Dibentuk tanggal 18 November 1996. Grup ini awalnya didirikan oleh Dika Satjadibrata (Bass), Ibrahim Imran (Lead Vocal dan Guitar), Krishna Balagita (Keyboard & Piano), Iso Eddy Himawarso (Keyboard dan Synthesizer) dan Eel Ritonga (Drum). Namun ditengah perjalanan kariernya grup ini mengalami banyak pergantian personel.

Sejak 2017, Donnie Sibarani keluar dari ADA Band dengan alasan ingin bersolo karier pelayanan di Gereja, yang kemudian pada 2020 ADA Band resmi mengumumkan bahwa Indra Perdana Sinaga, menggantikan posisi Donnie. 

Beberapa lagu yang populer seperti Masih (Sahabatku, Kekasihku), Manusia Bodoh dan Karena Wanita (Ingin Dimengerti) hingga Setengah Hati.

5. Kerispatih


Kerispatih band terkenal era 2000-an. Foto: Instagram
 

Terakhir, ada Kerispatih band terkenal era 2000-an. Lagu-lagu Kerispatih kerap memiliki makna yang mendalam, alur musiknya pun mayoritas melow. Kerispatih terbentuk pada tanggal 22 April 2003 atas prakarsa 4 orang mahasiswa Institut Musisi Indonesia, Arief, Badai, Andika, dan Anton. Awalnya mereka membentuk band bertemakan instrumental etnik, yang mereka gubah dalam aransemen baru. 

Kemunculan pertama mereka adalah di acara Farabi Sunday tanggal 22 April 2003. Merekapun merekrut Sammy, rekan mereka di kampus, yang merupakan salah satu finalis 30 besar Indonesian Idol I/2004, sebagai vokalis. Namun karena beberapa persoalan akhirnya personel Kerispatih berganti satu persatu. Misalnya Sammy yang harus keluar karena tersandung masalah narkotika. Kemudian Badai yang menjadi salah satu ruh band ini juga keluar.

Kerispatih merilis album pertama mereka bertajuk Kejujuran Hati. Singel-singel yang dirilis di album ini adalah antara lain Kejujuran Hati, Cinta Putih, dan Lagu Rindu. Album ini mendapat Platinum Awards pada 2006.

Demikianlah band terkenal era 2000-an, lagu-lagu mereka masih tetap enak didengarkan hingga generasi milenial saat ini.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul " 5 Band Populer Era 2000-an, Lagunya Masih Enak Didengar hingga Sekarang "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut