get app
inews
Aa Read Next : Bendungan Leuwikeris, Stabilkan Pasokan Air Perumdam Tirta Anom Kota Banjar

Puluhan Rumah di Ciamis Terendam Banjir, Ratusan Warga Ngungsi

Kamis, 09 Maret 2023 | 19:28 WIB
header img
Puluhan Rumah di Ciamis Terendam Banjir, Ratusan Warga Ngungsi. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Puluhan rumah di Desa Kertaraharja, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, terendam banjir, Kamis (9/3/2023). Air banjir mulai masuk ke rumah-rumah warga sekira pukul 03.30 WIB.

Banjir yang merendam puluhan rumah tersebut merupakan luapan air Sungai Citanduy yang diduga karena adanya sedimentasi atau pendangkalan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik (Darlog) BPBD Kabupaten Ciamis, Memet Hikmat, mengatakan, banjir tersebut merendam 2 RT di 3 dusun di Desa Kertaraharja, tepatnya di Dusun Panoongan, Cikopeng, dan Dusun Sukapulang.

"Berdasarkan update hari ini ada 87 KK, 237 jiwa yang terdampak banjir. Sekitar 85 lebih rumah teremdam banjir. Untuk ketinggian banjir mencapai 70 cm," kata Memet.

Menurutnya, dalam bencana banjir tersebut sebagian peralatan masak warga terendam banjir dan air sumur kotor, sehingga BPBD dan PDAM Tirta Galuh Ciamis memberikan solusi bagi warga yang terdampak banjir untuk sarapan dan makan siang.

"BPBD Ciamis memberikan solusi dengan mendrop 240 makanan siap santap untuk makan pagi dan siang. Kemudian PDAM Tirta Galuh Ciamis memberikan bantuan berupa 2 unit hydrant dengan masing-masing 2.500 liter ditempatkan di 2 RT yang terdampak untuk keperluan para korban banjir," ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut