get app
inews
Aa Read Next : Tepang Juragan Tasikmalaya 2024, Investor Internasional Siap Genjot Perekonomian di Priangan Timur

5 Spesies Ayam dengan Bentuk Paling Unik, Nomor 3 Banyak Diburu karena Dianggap Mistis

Selasa, 21 Februari 2023 | 10:10 WIB
header img
Spesies Ayam dengan Bentuk Paling Unik. Foto: Ist

3. Ayam Cemani

 

Kemudian spesies ayam dengan bentuk paling unik yaitu ayam cemani merupakan jenis ayam yang tumbuh di daerah Magelang dan Temanggung, Jawa Tengah. Namun saat ini ayam cemani sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan menjadi ayam endemik Indonesia.

Ayam cemani memiliki tampilan yang sangat unik, karena seluruh tubuhnya berwarna hitam gelap. Karena hal itu juga, membuat banyak orang di Indonesia yang melambangkan ayam ini sebagai ayam mistis yang biasa digunakan untuk ritual-ritual.

Meski kesannya menyeramkan, ayam cemani dipercaya memiliki kemampuan khusus untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Itulah mengapa ayam ini diburu oleh masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia.

4. Ayam Sutra/Ayam Kapas/Silkie Chicken

 

Berikutnya ayam sutera menjadi salah satu spesies ayam yang paling diminati masyarakat dunia. Ini karena mereka adalah salah satu ras ayam dengan wujud paling menggemaskan, terkadang mereka bahkan tidak terlihat seperti ayam.

Mereka terlihat seperti bola bulu berjalan. Bulu mereka cukup unik berbeda dengan ayam lainnya. Selain itu, seperti namanya, bulu mereka terasa seperti sutra atau kapas. Mereka juga banyak dicari karena memiliki banyak manfaat kegunaan.

Ayam-ayam ini bisa memberi telur dalam jumlah yang cukup banyak, mampu memberikan hingga atau lebih dari 100 telur setiap tahun. Mereka mungkin tidak memiliki banyak daging, tetapi mereka adalah ayam peliharaan yang banyak dicari karena bentuknya yang unik.

5. Ayam Serama

 

Terakhir ayam serama adalah jenis ayam kecil yang lebih kecil dari ayam kate. Ayam yang berasal dari Negeri Jiran, Malaysia ini dikenal dengan nama kate serama, namun ayam ini berbeda dengan kate, serama bobotnya hanya sekitar 8 ons atau 1 kg saja.

Ayam ini memiliki cukup banyak penggemar. Bukan hanya karena tubuhnya yang kecil, tetapi juga bentuk tubuhnya yang unik, karena ayam ini terlihat seperti sedang membusungkan dada sehingga terlihat gagah.

Itulah spesies ayam dengan bentuk paling unik yang ada di seluruh dunia. Semoga bermanfaat!

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul " 5 Spesies Ayam dengan Bentuk Paling Unik "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut