get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Ketupat Natal Jalin Keharmonisan Antar Umat Beragama di Kota Banjar

Minggu, 25 Desember 2022 | 17:05 WIB
header img
Ketupat Natal Jalin Keharmonisan Antar Umat Beragama di Kota Banjar. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id – Kerukunan umat beragama dan saling menghormati serta menghargai tampak jelas pada warga Kota Banjar, di mana di hari Natal ini mereka menggelar makan ketupat bersama setelah umat Katolik selesai melaksanakan ibadah di Gereka Katolik Santo Filipus Kota Banjar.

Biasanya, makan ketupat identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Namun kali ini, umat lintas agama secara bersama-sama makan ketupat pada perayaan Hari Natal.

Koordinator Gusdurian Kota Banjar, Aji Muhammad Iqbal mengatakan, kegiatan makan ketupat bersama ini merupakan bentuk saling menghargai antar umat beragama.

"Ini merupakan bagian daripada simbol keberagaman dan kesatuan kami agar tugas peradaban ini bisa berlangsung dengan baik." kata Aji, Sabtu (24/12/2022).

Dalam kesempatan ini, Aji menyerahkan secara simbolis ketupat Natal kepada umat Katolik. Setelah itu, pihaknya menggelar makan bersama di halaman seberang Gereja Katolik Santo Filipus.

"Hari ini memang kebetulan kita menyerahkan ketupat buat temen-temen umat kristiani merayaan Natal pada 25 Desember," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan makan ketupat bersama ini merupakan bagian dari tradisi umat muslim pada saat lebaran. Pasalnya, pada hari-hari besar juga sesama umat beragama lain saling menghargai dengan ikut serta mengikuti tradisi yang ada.

"Biasanya kalau lebaran muslim ada ketupat, nah ini juga lebarannya umat kristiani pada hari Natal, kemudian mereka juga ikut serta tradisi kami sebagaimana kalau lebaran ada ketupat," ucapnya.

Frater Gereja Katolik Santo Filipus Kota Banjar, Feryandis Harsono mengatakan, dirinya sangat terharu dan kagum bahwa masyarakat dari berbagai lapisan dan agama bisa duduk bersama dan merayakan Natal.

"Natalnya pun ini sangat istimewa karena bukan Natal yang seperti biasanya. Kali ini ada ketupat Natal," kata Feryandis.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut